Category Archives: Posting Bareng BBI

My Bookish Confession : 7 Fact About Me and Book

Banner Posbar 2016Hai…

Meski terlambat ikutan posbar bulan Juni ini, masih di terima kan..(masih donk …jawab  div event), sebenarnya bulan ini mau pass aja seperti bulan lalu, mengingat belum sempat mikirin blog yang udah nganggur beberapa minggu ini. Tetapi khawatir dikeplak sama divisi event karena kelamaan absen posbar. Jadilah saya membuat posting dadakan ini

Tema bulan ini #BBIBookishConfession

Belum kepikiran mau buat pengakuan apa berhubungan dengan buku. Apalagi saya tipe orang yang introvert , tidak suka publikasi, apalagi cas cus tentang aib sendiri…halah….Tetapi demi BBI , my favorite community..ciee.. saya beranikan diri membuat pengakuan

1. Mulai suka baca sejak bergabung dengan Bebi

Whaaat…yang bener nih ? iya..saya awalnya bikin blog ini karena sempat stalking beberapa blog buku  dan semuanya yang kuintip selalu ada logo BBI di beranda blognya. Akhirnya penasaran lah saya…dan baca rule untuk dapat menjadi member BBI, harus posting review buku. Nah dari situ saya jadi mulai suka baca dan belajar meriview. Sebelumnya baca buku juga, tetapi hanya selintas dan tidak pernah serius. Dari awal bikin blog sampai diterima jadi anggota itu 5 bulan, kalo ga salah Mei 2015 diterima resmi jadi member BBI.  Yee…senengnya diterima jadi member komunitas buku paling fenomenal ini 🙂

2. Sering disconnect sama Tema Pembicaraan di group WA

Saya dari tahun lalu bergabung dengan Bebi, tetapi gabung di group WA baru tahun ini. Dan saya seringnya jadi silent reader kalau lagi ngomongin buku, karena kadang saya jadi ga mudeng, sama buku-buku yang dibicarakan. Apalagi kalo penulis luar, hadeuh..makin minder aja saya. Pengetahuan tentang dunia buku dan tulis belum ada seujung kuku nya member Bebi lainnya.  Kadang heran, ko bisa yaa..divisi membership terima saya beserta blog yang banyakan berdebu ini. Mungkin saat itu dia sedang khilaf 🙂

3. Twilight adalah koleksi serial terlengkap yang kubaca pertama kali

Terlepas dari plus minusnya buku dan film ini, tetapi ini buku pertama yang kubaca sampai tuntas dari serial pertama sampai terakhir. Yang pasti versi terjemahan lah…belum mampu untuk baca atau beli versi aslinya 🙂

4. Lebih suka baca Printed book daripada E-book

Meski sekarang sudah bertebaran aplikasi untuk e-book, tetapi saya lebih memilih baca buku nya langsung. HP saya tetap banyak aplikasi berkaitan buku daripada online shooping kok, meski banyak di anggurin 🙂 kecuali lupa bawa bacaan, baru saya baca e-book.  Saya lebih suka berat-berat bawa bacaan daripada membaca e-book di tab/HP. Biarin dibilang ga kekinian..yang penting happy ..#eh 🙂

5. Judge a book by its Cover

Saya tertarik baca buku pertama dari melihat judul dan covernya, baru belakangan ceritanya. Sering kecele sih…ga seindah sama cover nya. Tetapi tetap saja dibaca, meski kadang ga sampai selesai 🙂

6. Tidak suka genre Horor

Sebenarnya saya menyukai genre buku apa saja, meski kebanyakan romance yang ku baca. Tetapi kalau horor itu paling kuhindari. Jadi temen-temen yang mau ngasih GA ke saya jangan buku horor yaa…#ngarep  🙂

7. Pernah  Bacain Buku lewat Rekaman di HP

Ini sebenarnya aib terakhir yang paling malu kalau disebutin….#tutupmuka dulu

Saat itu ada orang yang tidak suka membaca sama sekali, dan paling alergi kalau di suruh menemani ke toko buku. Tetapi paling suka kalau diceritain buku lewat audio, berhubung saya belum berani bikin booktube, akhirnya saya rekam saja suara sendiri dan dikirim ke dia. (itu juga dia yang minta, bukan nawarin diri ) …Aseli habis itu saya malu habis, karena geli denger suara sendiri.  Demi menularkan minat baca sampe segitunya ya ..

Oke…cukup 7 aja yaa..pengakuan saya yang dengan penuh perjuangan ini ku ungkapkan dan yang pasti sambil menahan malu….  #halah lebay 🙂

Jangan comment yaa..pliss…tunggu sampai saya sudah ga malu lagi 🙂

 

 

 

6 Komentar

Filed under Event BBI, Posting Bareng BBI

BACA BARENG ANAK (Posbar)

Banner Posbar 2016

Hai…BBIers…

Tidak terasa ya, sudah mau menjelang akhir bulan April. Dan bulan April ini memang istimewa buat kita BBIers, karena di bulan ini BBI ulangtahun. Banyak serangkaian acara menyambut ultah BBI, yang sampai sekarang masih terasa semaraknya.

Meskipun kemarin sudah mengikuti kemeriahan ultah BBI, event rutin bulanan jangan di lupakan ya…”Posting Bareng”.

Untuk Tema Posting Bareng April 2016…. Temanya adalaaah…
#BBIChildrenBooks
Kali ini, Divisi Event menantang kamu untuk membuat postingan blog yang berkaitan dengan anak-anak sekreatif mungkin. Nggak harus membuat resensi dari buku bacaan anak–walau tentu hal ini nggak dilarang yaaa…. tapi bisa juga membuat pos mengenai kegiatan kamu membaca dengan anak, adik, keponakan, dsb. ……

Kebetulan tema-nya berhubungan dengan anak, sebagai seorang emak-emak, yang tidak jauh dari urusan anak, maka saya buat postingan ini “Baca Bareng Anak”. Kedua anak saya saat ini duduk di bangku kelas 1 (Nely) dan 2SD (Caca).

Pada waktu masuk SD tidak ada seleksi membaca dan menulis, jadi saat itu anak-anaku yang belum lancar membaca tetap di terima, karena kebetulan sekolah TK yang sebelumnya,  tidak di cekokin dengan belajar baca, tetapi bermain. Dan saya sependapat dengan hal tersebut. Karena pada dasarnya anak dibawah 6 tahun ,masih usia bermain. Jadi dia akan puas bermain, ketika nanti harus belajar serius, dia tidak akan main-main lagi 🙂

Di awal  semester 1, gurunya sempat kewalahan karena Nely  belum bisa membaca tetapi saya tidak khawatir, karena memang usia Nely saat itu masih belum genap 6 th, saya yakin Nely akan lancar membaca, saat sudah siap usianya. Dan memang keyakinan saya terbukti, 3 bulan kemudian Nely sudah bisa membaca dengan lancar. Bahkan Nely jadi sering sekali membaca, hampir tiap hari membaca, entah itu buku pelajaran atau buku komik kesukaannya. Hal ini juga dimotivasi sang Kakak Caca yang juga hobi membaca dan mengambar. Kalau Kaka Caca, setelah membaca biasanya akan bercerita lagi melalui gambar yang dibuatnya.

Saya cukup senang dengan hobi anak-anak, disaat anak-anak seusianya, kalau ke Mall, minta mainan atau jajan, kalau Caca dan Nely selalu mengajak ke toko buku .Tentunya ini seiring juga dengan hobiku setahun terakhir ini, baca buku. Jadinya kalau week end, anak-anak sudah mengagendakan buku apa yang akan di beli. Seperti minggu besok, Caca mau beli buku “My Little pony” dan Nely mau beli buku KKPK (kecil-Kecil Punya Karya).

Kesukaan Caca sama Nely, mengingatkanku saat mereka masih bayi atau bahkan di dalam kandungan. Setiap mau tidur saya selalu membacakan buku atau dongeng, dan itu berlangsung sampai mereka lahir dan besar . Dan mereka tidak akan mau tidur, kalau saya belum membacakan buku atau dongeng. Karena kemampuan mendongengku terbatas, jadi saya lebih sering membacakan buku. Buku yang saya bacakan berganti-ganti, yang paling sering tentang Kisah Nabi Ibrahim. Entah mengapa mereka paling suka sama kisah Nabi Ibrahim yang membangun Ka’bah. Bahkan saat usia mereka 3 tahun sudah tahu pelaksanaan ibadah haji. Rutinitas menjelang tidur ini terhenti saat mereka sudah dapat membaca sendiri. Karena mereka membaca buku sendiri sesuai pilihannya.

Itulah kenapa saya tidak terlalu khawatir saat anak saya belum bisa membaca di TK, karena sebenarnya saya sudah memperkenalkan huruf saat mereka masih di kandungan. Dan saat waktunya siap, dengan sendirinya mereka akan dapat membaca, bahkan menjadi hobi yang menyenangkan buat mereka

Sekian curhatan emak-emak ini…yang mungkin tidak ada esensinya. Sebagai Emak saya memang selalu bangga dengan apa yang ada dalam diri anak-anak, jadi bawaanya pengin curhat saja

Jadi mikir….. tulisan ini, kayanya ga layak di masukan dalam posbar BBI ya…gpp lah, yang penting Happy 🙂

Kebahagiaanku sederhana ” Saat duduk di teras rumah dan membaca bareng anak-anak, atau saat mojok bertiga  sambil baca di toko buku …”

pixlr_20160429115027537   P_20160327_132315_1

Jpeg

mainananya dari boneka beralih ke buku

3 Komentar

Filed under Event BBI, Posting Bareng BBI

Quotes Favorite

BBIbirthday

Ini adalah hari-4 acara HUT BBI 5 . Dan hari ini membahas tentang quotes favorit dari buku. Sebenarnya banyak sekali  quotes yang bagus dan sangat bermakna,  saya hanya akan menuliskan beberapa saja, yang masih kuingat. 🙂

ini Dua quotes Favorite saya :

P_20160326_063029

Quote dari buku insurgent : Divergent seri 2 ini, aku sangat mengingatnya. Karena dalam kehidupan nyata seringkali perilaku manusia itu mengarah kedua hal tersebut. Pada umumnya orang hanya mau melakukan sesuatu karena menginginkan sesuatu dari orang tersebut (istilahnya : pamrih) atau karena merasa berhutang budi sehingga perlu untuk membalasnya. Meskipun kebanyakan orang berperilaku seperti itu, tetapi masih ada yang melakukan sesuatu hal tanpa pamrih, tulus atau lilahita’ala. Dan kuharap saya dan kamu …yah..kamu yang sedang membaca 🙂 adalah bagian yang sedikit itu. Dan kalau kita melakukan sesuatu itu tanpa pamrih, itu terasa ringan dan happy

Fotolia_36909189_M-1024x682

Bahagia itu bukan apa yang kita dapat, aku setuju dengan quote di atas, kelihatanya sederhana, tetapi sulit untuk dilaksanakan. Bahagia itu memilih untuk berhenti mengeluh dan mulai mensyukuri hidup, apapun kondisinya. Jadi kebahagiaan milik semua orang, bukan hanya orang kaya atau yang berkuasa saja. Tetapi orang yang mampu mensyukuri hidupnya, dia akan mendapatkan kebahagiaanya.

Nah itu dua quotes yang sempat saya ingat, kebetulan yang kedua bukunya baru saya baca dan review 🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Event BBI, Posting Bareng BBI

Dear Hanum Salsabila Rais

BBIbirthday

hanum

(Sumber :dari sini )

Assalamualaikum …Mba Hanum

Apakabar …? semoga senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Sebelumnya, saya minta maaf kalau nanti ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Mba Hanum. Saya belum pernah menulis surat terbuka seperti ini. Terlebih lagi menulis kepada salah seorang Penulis Favorit saya. Saya mungkin bisa speechless, tetapi dalam rangka memeriahkan ulang tahun komunitas pencinta buku yaitu Blog Buku Indonesia (BBI) yang ke-5, saya akan mencobanya 🙂

Perkenalkan nama saya Yanti, seorang wanita biasa , yang akhir-akhir ini mempunyai hobi baca buku . Kurang lebih setahun lalu saya mulai membaca buku dan berusaha membuat reviewnya di blog. Saya mulai mengenal karya-karya Mba Hanum, saat menonton film 99 Cahaya Di Langit Eropa . Saya sangat terkesan dengan film itu, film tentang sejarah-sejarah islam di Eropa.Dimana saat ini belum banyak film-film Indonesia yang mengangkat sejarah islam terutama di negara minoritas islam. Dan setelah  mengetahui bahwa film itu adaptasi dari buku, saya membaca hingga tuntas. Ternyata buku Mba Hanum ga hanya satu kemudian saya mulai mencari semua buku-buku Mba Hanum; Berjalan di atas Cahaya, Menapak Jejak Amien Rais, Bulan Terbelah di Langit Amerika,  dan yang terakhir Faith And The City. Untuk buku yang terakhir ini, resensi saya masuk dalam resensi pilihan Gramedia melalui twitter, dan Mba Hanum memberikan komentar di postingan blog saya..perasaan saya saat itu seneng banget. Di tengah kesibukan Mba Hanum sebagai seorang penulis dan juga dokter gigi (meskipun jarang praktek ya mba..hi..hi) mau menyempatkan baca resensi ala-ala saya.

Dalam surat terbuka ini saya ingin mengucapkan terimakasih karena melalui buku-bukumu, saya makin memahami agama saya, makin mencintai islam, makin membuka mata hati saya akan kebesaran Alloh SWT dan makin membuatku banyak bersyukur. Oiya, di Film Bulan Terbelah di Langit Amerika kemarin, saya kurang sreg dengan beberapa skenario yang tidak ada dalam buku, terutama adegan pacarannya stefan dan Jasmin, menurutku itu jadi mengaburkan pesan yang terkandung di film itu. Karena saya menganggap film ini berbeda dengan film Indonesia yang selalu ada adegan seperti itu. Demikian juga dramanya menurutku terlalu panjang, padahal masih dapat diisi dengan menceritakan bangunan yang berkaitan dengan islam di Amerika. Apakah karena di bagi menjadi 2 bagian ya…jadi dibuat berbeda. Saya berharap di bagian kedua nanti yang rencananya tayang saat Lebaran, lebih banyak mengeksplor bangunan yang berkaitan dengan islam,seperti pintu gerbang, Fakultas Hukum Universitas Harvard yang ada ayat alqur’an , patung di dinding Supreme Court Amerika serikat  atau beberapa kota tua Medina dan Mecca di negara bagian California.

Oiya, satu lagi saya pernah mengunjungi sekolah Budi Mulia Dua di Yogyakarta, itu kan pemiliknya keluarga Mba Hanum ya..Bapak Amien Rais. Saya terkesan sekali dengan  guru-guru disana yang sangat care kepada anak muridnya. saya juga kagum dengan kurikulum yang diterapkan di sana, yang melestarikan kebudayaan jawa. Saya sempat mencoba permainan gamelan dan membatiknya, itu asyik sekali. Rasanya ingin kembali ke Yogya lagi 🙂

Saya menuggu cerita Mba Hanum selanjutnya tentang perjalanannya ke Spanyol, dalam buku The Converso, bener kan ya… ? Ga berubah judulnya…semoga segera terbit 🙂

 

Wassalamualaikum

Yanti

 

 

1 Komentar

Filed under Event BBI, Hanum Salsabila Rais, Posting Bareng BBI

(POSTING BARENG)Teknik Pengasuhan Anak secara Islam

5 guru kecilkuJudul Buku : 5 Guru Kecilku Bagian I
Penulis :Kiki Barkiah,ST
Editor : Aditya Irawan
Ilustrator : Echa Maharani
Penerbit : CV.Mastakka Global Informa
Cetakan I : Oktober 2015
ISBN :978-602-73274-0-5
Halaman :240 hal

Sinopsis

Buku ini bukanlah buku teori parenting, buku ini adalah buku bagaimana teori parenting dapat diaplikasikan dengan penuh kesabaran dan keyakinan. Buku ini mengangkat kisah-kisah seputar pengasuhan anak yang mungkin sangat umum terjadi dalam keluarga. Namun atas petunjuk Allah SWT penulis mampu menyibak rahasia dan mengumpulkan hikmah yang berserak dari setiap permasalahan yang dihadapi dalam pengasuhan anak sehingga menjadi pelajaran berharga bagi para orang tua.
Buku ini tidak hanya memberikan teladan dalam mengatasi berbagai konflik yang spesifik seputar pengasuhan anak, namun juga memberikan hikmah yang dapat menjadi ruh dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan lainnya. Meskipun permasalahan yang diangkat adalah seputar pengasuhan anak usia dini dan remaja, namun hikmah yang tergali dapat menjadi pelajaran berharga bagi orang tua dengan segala usia

Buku ini kuikutsertakan dalam event BBI, Posting Bareng Bulan Maret 2016. Biasanya buku yang kubaca adalah novel atau fiksi, hanya sedikit yang non fiksi. Saya sengaja memilih ini, karena ini buku tentang pengasuhan anak. Baca bukunya juga nyante, sebulan baru kelar, karena disambi baca buku lainnya atau kerjaan yang menumpuk. Saya sengaja membaca pelan untuk dapat benar-benar mempelajari, kemudian dapat saya praktikan dalam keseharian saya dengan anak-anak, mudah-mudahan.. karena praktik ga semudah teorinya 🙂

Berikut tweet saya tentang buku ini dalam event Posbar BBITWEET0tweet1TWEET3TWEET4

tweet5 Baca lebih lanjut

5 Komentar

Filed under Event BBI, Non Fiksi, Posting Bareng BBI, Review Buku