BACA BARENG ANAK (Posbar)

Banner Posbar 2016

Hai…BBIers…

Tidak terasa ya, sudah mau menjelang akhir bulan April. Dan bulan April ini memang istimewa buat kita BBIers, karena di bulan ini BBI ulangtahun. Banyak serangkaian acara menyambut ultah BBI, yang sampai sekarang masih terasa semaraknya.

Meskipun kemarin sudah mengikuti kemeriahan ultah BBI, event rutin bulanan jangan di lupakan ya…”Posting Bareng”.

Untuk Tema Posting Bareng April 2016…. Temanya adalaaah…
#BBIChildrenBooks
Kali ini, Divisi Event menantang kamu untuk membuat postingan blog yang berkaitan dengan anak-anak sekreatif mungkin. Nggak harus membuat resensi dari buku bacaan anak–walau tentu hal ini nggak dilarang yaaa…. tapi bisa juga membuat pos mengenai kegiatan kamu membaca dengan anak, adik, keponakan, dsb. ……

Kebetulan tema-nya berhubungan dengan anak, sebagai seorang emak-emak, yang tidak jauh dari urusan anak, maka saya buat postingan ini “Baca Bareng Anak”. Kedua anak saya saat ini duduk di bangku kelas 1 (Nely) dan 2SD (Caca).

Pada waktu masuk SD tidak ada seleksi membaca dan menulis, jadi saat itu anak-anaku yang belum lancar membaca tetap di terima, karena kebetulan sekolah TK yang sebelumnya,  tidak di cekokin dengan belajar baca, tetapi bermain. Dan saya sependapat dengan hal tersebut. Karena pada dasarnya anak dibawah 6 tahun ,masih usia bermain. Jadi dia akan puas bermain, ketika nanti harus belajar serius, dia tidak akan main-main lagi 🙂

Di awal  semester 1, gurunya sempat kewalahan karena Nely  belum bisa membaca tetapi saya tidak khawatir, karena memang usia Nely saat itu masih belum genap 6 th, saya yakin Nely akan lancar membaca, saat sudah siap usianya. Dan memang keyakinan saya terbukti, 3 bulan kemudian Nely sudah bisa membaca dengan lancar. Bahkan Nely jadi sering sekali membaca, hampir tiap hari membaca, entah itu buku pelajaran atau buku komik kesukaannya. Hal ini juga dimotivasi sang Kakak Caca yang juga hobi membaca dan mengambar. Kalau Kaka Caca, setelah membaca biasanya akan bercerita lagi melalui gambar yang dibuatnya.

Saya cukup senang dengan hobi anak-anak, disaat anak-anak seusianya, kalau ke Mall, minta mainan atau jajan, kalau Caca dan Nely selalu mengajak ke toko buku .Tentunya ini seiring juga dengan hobiku setahun terakhir ini, baca buku. Jadinya kalau week end, anak-anak sudah mengagendakan buku apa yang akan di beli. Seperti minggu besok, Caca mau beli buku “My Little pony” dan Nely mau beli buku KKPK (kecil-Kecil Punya Karya).

Kesukaan Caca sama Nely, mengingatkanku saat mereka masih bayi atau bahkan di dalam kandungan. Setiap mau tidur saya selalu membacakan buku atau dongeng, dan itu berlangsung sampai mereka lahir dan besar . Dan mereka tidak akan mau tidur, kalau saya belum membacakan buku atau dongeng. Karena kemampuan mendongengku terbatas, jadi saya lebih sering membacakan buku. Buku yang saya bacakan berganti-ganti, yang paling sering tentang Kisah Nabi Ibrahim. Entah mengapa mereka paling suka sama kisah Nabi Ibrahim yang membangun Ka’bah. Bahkan saat usia mereka 3 tahun sudah tahu pelaksanaan ibadah haji. Rutinitas menjelang tidur ini terhenti saat mereka sudah dapat membaca sendiri. Karena mereka membaca buku sendiri sesuai pilihannya.

Itulah kenapa saya tidak terlalu khawatir saat anak saya belum bisa membaca di TK, karena sebenarnya saya sudah memperkenalkan huruf saat mereka masih di kandungan. Dan saat waktunya siap, dengan sendirinya mereka akan dapat membaca, bahkan menjadi hobi yang menyenangkan buat mereka

Sekian curhatan emak-emak ini…yang mungkin tidak ada esensinya. Sebagai Emak saya memang selalu bangga dengan apa yang ada dalam diri anak-anak, jadi bawaanya pengin curhat saja

Jadi mikir….. tulisan ini, kayanya ga layak di masukan dalam posbar BBI ya…gpp lah, yang penting Happy 🙂

Kebahagiaanku sederhana ” Saat duduk di teras rumah dan membaca bareng anak-anak, atau saat mojok bertiga  sambil baca di toko buku …”

pixlr_20160429115027537   P_20160327_132315_1

Jpeg

mainananya dari boneka beralih ke buku

3 Komentar

Filed under Event BBI, Posting Bareng BBI

3 responses to “BACA BARENG ANAK (Posbar)

  1. Bagus banget coretan Caca y mba, semoga selalu sehat dan jadi anak solehah aamiin

    Suka

  2. waah baguslah ya sudah hobi baca dari kecil 🙂 oiya aku juga suka review buku yang kubaca bareng anakku, sebagai pengingat juga kalo nanti dia udah gede dan udah nggak mau baca bareng lagi hihihi

    Suka

Tinggalkan Balasan

