Category Archives: Artikel

BUKU YANG INGIN KUBACA TAHUN INI

BUKU1

Tahun 2017, sudah akan memasuki pertengahan tahun, tetapi saya baru memposting, buku yang ingin saya baca tahun ini. Meskipun terlambat, saya tetap akan memposting, jadi jangan protes yaa…he..he..

Buku-buku baru bermunculan di tahun 2017, dan sebagai pencinta buku , banyak yang ingin kubaca, bahkan buku-buku lama juga masih banyak sekali yang ingin kubaca. Tetapi mengingat waktu membaca yang terbatas (sebagai pekerja swasta fulltime, istri sekaligus ibu dari 2 anak) ditambah kecepatan membaca saya yang masih dibawah rata-rata, maka saya hanya mentargetkan baca buku setahun 60 buku, itu juga sedikit pesimis, tercapai atau tidak. Sampai bulan ini baru 24 buku, belum ada setengahnya,..hiks  target bacaan saya dapat dilihat di sini

Buku genre yang kubaca selama ini adalah genre fantasy, science fiksi dan romance, jarang sekali membaca genre sastra dan thriller. Dan tahun ini saya mulai membaca genre tersebut. Buku thriller pertama yang kubaca berjudul Seaside karya Ziggy Zezsyazeoviennaazabrizkie, unik yaa namanya. Ini bukan hanya namanya yang unik tetapi buku-buku yang ditulisnya juga mempunyai keunikan tersendiri. Review lengkap ada di sini Review Seaside. Buku ini kayanya bakal saya nobatkan novel thriller terbaik sepanjang tahun 2017 yang kubaca. Selain Seaside, novel thriller yang juga sudah kubaca tahun ini adalah Holy Mother, novel terjemahan jepang karya Akiyoshi Rikako, ini juga novel thriller yang sangat recomended

Buku sastra yang sudah kubaca tahun ini belum banyak, baru satu buku yang berjudul Reruntuhan Musim Dingin karya Sungging Raga. Dan ketika saya membaca buku ini saya makin tertarik untuk membaca genre sastra, ini review buku nya Review Reruntuhan Musim Dingin

Baca lebih lanjut

Tinggalkan komentar

Filed under Artikel

Mengenal Ratnani Latifah; Penulis yang Rajin ngeBlog

ratna writer

Selamat Pagi….

Masih dalam rangkaian Marathon Posting merayakan hari ulang tahun BBI (Blog Buku Indonesia) yang ke 6 . Lagi pada liburan yaa…long week end nih, sambil menemani kalian liburan saya akan posting obrolan singkat dan bermanfaat seputar dunia menulis

Sebenarnya ini postingan mendadak, karena awalnya saya tidak berencana untuk wawancara atau bedah penulis. Tetapi saya teringat salah satu teman blogger yang ternyata juga seorang penulis dan lewat event BBI ini saya jadi bisa mengulik dan menimba ilmu dari penulis ini.

Awalnya saya mengenalnya sebagai seorang blogger dengan nama Kazuhana El Ratna yang ternyata mempunyai nama asli Ratnani Latifah. Dan belakangan saya baru mengetahui kalau beliau ternyata juga seorang penulis. ini nama blognya Coretan Kazuhana El Ratna Mida. Kalian juga bisa menyapa di akun sosial medianya ; Fb : Ratna Hana Matsura  IG : kazuhana_el_ratna Twiter : @Ratnani El Kazuhana

Ratna.jpg

Pengin tahu lebih dekat dengan Mba Ratna..simak obrolan kita yaa..

Awalnya Mba Ratna, sebagai Blogger dulu atau  Writer ? atau bersamaan?

Rasanya masih belum pantas dibilang writer, hheh. Masih hijau. Jujur pada awalnya saya lebih dominan nulis Mbak. Baik cerpen, atau puisi. Dari menulis itulah yang kemudian mendorong saya buat coba, nge-blog. Yah, karena masih bingung juga ini tulisan mau dikemanakan? Jadilah ditulis di blog saja. Barangkali ada yang mau membaca. Dan ternyata nge-blog seru juga. Nggak hanya bisa nulis tentang cerpen, tapi tentang keseharian dan buat seru-seruan lomba. (berarti Mba Ratna memang udah bakat menulis yaa…pantesan ngeblognya lancar pisan, kalau saya mau nulis di blog bikin kata pembuka aja lama banget…#malah curcol )

Sekarang banyak bermunculan penulis yang awalnya blogger. Menurut Mba Ratna apa aja  kiatnya seorang blogger dapat menjadi writer

Iya Mbak. Sekarang memang banyak banget penulis yang basicnya dari blogger. Kiatnya yang pasti dia harus konsisten nulis. Serta tidak ketinggalan tetap belajar cara penulisan sesuai EBI…(ini jenis makanan apa mba…:) Jadi meski blogger nulisnya harus tetap yang  bagus dan rapi, biar enak dibaca. Biasanya, kan para editor katanya memang suka menyambangi blog dari para blogger, untuk melihat bagaimana taste tulisan juga keaktifan dalam menulis (oooh..gitu ya mba..terus melipir liat tulisan sendiri di blog..hiks )
Baca lebih lanjut

6 Komentar

Filed under Artikel, Event BBI

Happy Bhirthday…BBI

HUT BBI.jpg

Memang luar biasa  sekali pengaruh yang bisa ditimbulkan oleh kehadiran seseorang dalam hidupmu. Pada suatu waktu kau akan menjadi dirimu yang kau kenal, di lain waktu tiba-tiba kau berubah menjadi orang lain

(Novel Persona – Fakhrisina Amalia)

Hari ini tanggal 13 April, enam tahun yang lalu komunitas blogger buku ini dibentuk. Saat itu mungkin saya belum mempunyai hobi baca buku, apalagi mempunyai blog. Dan dua tahun yang lalu, ketika dengan tidak sengaja serching tentang pembuatan blog, saya justru terdampar pada blog buku. Entah blog buku siapa yang saat itu saya stalking, tetapi saya sempat membaca persyaratan kalau mau menjadi member komunitas tersebut , harus mempunyai blog khusus buku.

Akhirnya saya memutuskan membuat blog buku, yang sekarang ini kalian baca 🙂 Dan dikarenakan harus memposting review buku, saya kemudian mulai rajin baca buku, yang sebelumnya mungkin hanya sambil lalu.

Oke ..cukup curcol saya

Saya cuma mau bilang, terima kasih BBI yang sudah menjadi keluarga besarku selama dua tahun ini, seperti kutipan novel di atas, kehadiran BBI berpengaruh sekali dalam hidupku. Saya yang biasanya banyak ngegosip atau bengong, kalau nunggu antrian, sekarang lebih sering di isi baca buku. Dulu tas saya isinya cuma HP, compact powder dan lipstik, sekarang selalu ada buku disana. Dulu saya jarang beli buku, sekarang paling ga tahan lihat diskonan, meski akhir bulan seringnya nyesel lihat isi dompet, tapi tetap diulangi lagi bulan depannya :). Dan yang saya ga pernah nyangka, seumur hidup saya belum pernah kirim tulisan apapun ke media cetak, karena memang ga ada bakat menulis, tetapi tahun ini ada resensi saya yang dimuat..menurutku ini satu pencapaian prestasi buatku (terdengar lebay yaa…tapi ini saya bersyukur banget). Mungkin temen-temen engga tahu, kalau saya sering minder sama kalian , melihat target bacaan yang bisa ratusan dalam setahun atau koleksi bacaan yang kadang saya ga ngerti isinya. Tapi saya happy bersama kalian, yang selalu mensupportku

Selamat Ulang Tahun Bebi…semoga selalu solid, makin banyak anggotanya dan selalu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk membaca buku.

BBI HUT 6-01

17 Komentar

Filed under Artikel, Event BBI

Kenalan dengan Manisnya Jeruk Nipis Anget #Member BBI

BBI HUT 6-01

Haloo….BBIers

Tidak terasa sudah bulan April lagi yaa…masih inget keseruan HUT BBI tahun lalu. Tahun ini saya juga akan ikut memeriahkan #BBIHUT6, ada banyak event selama satu minggu mulai hari Senin/10 – Sabtu/15 April 2017, lebih detailnya di sini.  Salah satu eventnya membuat postingan blog Kenalan dengan member BBI baru angkatan tahun 2016 atau 2017.  Nah, siapa yaa yang akan ku ajak kenalan

Sebenarnya saya pribadi sudah kenal sih, meski hanya lewat social media. Blogger buku yang satu ini udah nge hits jadi pasti udah pada tahu deh…tapi kalian akan mengenal lebih dekat , setelah membaca postinganku ini 🙂 Penasaran siapa..??

jreng….jreng…..(alunan musik mengiringi kedatangan tamu istimewaku ini)

Athaya

BBI 1603335

Nah, setelah melihat fotonya pasti udah tahu kan siapa gadis manis ini …Yuk kita langsung kenalan …(tulisan biru pertanyaan/pernyataanku, kalau yang hitam jawaban Aya)

Apa kabar? Boleh kenalin diri dong, nama lengkap, nama panggilan,nama blog,nama di sosial media (twitter,FB,IG dsb) domisili, rutinitas harian dan status (ini yang paling penting he..he..)

Halooww ,, pertanyaannya seperti aku akan di magang di instansi pemerintah. Hehehe. (iya nih..kebawa sama kerjaan di kantor  🙂  Nama lengkapku Athaya Irfan. Aku punya banyak nama panggilan, di rumah dipanggil Aya, tapi teman-teman di kampus biasa panggil aku Thaya. Aku punya blog lho saking sukanya sama buku , namanya The Booch Con’s BKBI. Sebelum main blog aku dulunya rutin ikutan kuis di sosmed, di Facebook aku pakai nama asli Athaya Irfan, Twitter unameku @jeruknipisanget dan yang paling baru @bookishcomotable. Follow yah, jangan bosan lihat aku di timeline kalian. Aku tinggal di tepian Tangerang-tepatnya di Ciledug. Sehari-harinya kuliah di kampus di kawasan rawamangun Jaktim, ikut tiga organisasi tingkat jurusan sampai Univ dan mengerjakan tugas rutin anak kos. Capek banget serius, tapi senyum aja lah. ..Huehehe. (sibuknya yaaah…tapi masih tetep rajin ngeblog loh…) Statusku nggak berubah, sejak Valentine 2013, 2014, 2015 sampai sekarang tetap SINGLE…(catet guys masih available he..he.. yuk follow akun sosmednya )

Saya penasaran sebenarnya, dengan nama di akun twitter @jeruknipisanget , kenapa jeruk nipis? Itu buah kesukaan ? atau ada memori khusus terkait yang anget-anget

Spontan aja pas nemu nama itu, ada hubungannya sama kenangan di SMA. Aku suka makan dan nyemil, di pakailah nama Jeruk. Kata ‘anget’ muncul sesudahnya. Mungkin karena aku suka main hujan-hujanan makanya butuh yang anget-anget  (ternyata ga jauh-jauh dari hujan dan genangan yaa…eh,kenangan 🙂

Baca lebih lanjut

6 Komentar

Filed under Artikel, Event BBI

Launching Buku “Journey to Andalusia”

wp-image-12666263jpeg.jpeg

Hari ini, Sabtu tanggal 21 Januari 2017, saya mengikuti peluncuran buku terbaru karya Marfuah Panji Astuti atau biasa disapa Uttiek Herlambang dengan judul ” Jelajah Tiga Daulah : Journey to Andalusia “ bertempat Gramedia Central Park, Jakarta barat. Acara ini di selenggarakan oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) sebagai penerbit yang menerbitkan buku ini. Uttiek Herlambang bekerja sebagai wartawan di kelompok Kompas Gramedia; antara lain pernah menjadi wartawan di Majalah Jakarta-Jakarta, Gramedia Online, Tabloid Nakita dan saat ini aktif di Tabloid Nova. Buku Journey to Andalusia adalah kisah perjalanan Uttiek pada tahun 2014, menjelajahi Andalusia.

wp-image-315500965jpeg.jpeg

Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam, dari jam 15.00 – 17.00 Wib ini diikuti oleh undangan dan blogger yang berjumlah 30 orang. Dan Alhamdulillah saya berkesempatan untuk mengikutinya. Acara di awali dengan registrasi dan setiap peserta mendapatkan godiebag berisi 1 buku Journey to Andalusia, Voucher Gramedia, Press rilis dan Box Snack .

wp-image-1300751431jpeg.jpeg

isi Godiebag

Setelah peserta datang semua, acara dibuka oleh MC  Kak Pauline dari Penerbit BIP yang memperkenalkan sekilas tentang penulis dan sinopsis Buku Jelajah Tiga Daulah : Journey to Andalusia. Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dari manajemen BIP kepada penulis

wp-image-1253197693jpeg.jpeg

Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow dan tanya jawab tentang penulisan Buku Journey to Andalusia. Berdasarkan penjelasan Mba Uttiek, latar belakang penulisan buku ini karena tidak banyak generasi muslim yang masih mengetahui jejak sejaran Andalusia . Islam pernah menyinari negeri itu dengan ilmu pengetahuan, peradaban dan kemanusiaan selama 800 tahun, jadi lebih dari 2/3 sejarah islam ada di sana. Kalkulus,algoritma,trigonometri, aljabar adalah hasil pemikiran ilmuwan muslim bagi kemajuan peradaban. Tanpa penemuan-penemuan itu tidak ada revolusi digital yang saat ini kita nikmati.

Buku ini merupakan buku catatan perjalanan penulis saat di Andalusia, ini bukan hanya sekedar catatan perjalanan yang menjelaskan bahwa islam pernah di Andalusia, wilayah yang saat ini bernama Spanyol, Portugal dan sebagian Perancis, tetapi juga mengingatkan bahwa benderang itu bersumber dari islam

Buku Jelajah Tiga Daulah: Journey to Andalusia adalah seri pertama dari tiga buku yang rencananya akan ditulis oleh mba Uttiek. Buku yang kedua berjudul Journey to The Greatest Ottoman dan buku ketiganya berjudul Journey to Abbasiyah

Baca lebih lanjut

1 Komentar

Filed under Artikel, Event Buku, Non Fiksi, Penerbit BIP, Review Buku