Resensi : THINK AND GROW RICH

Resensi Think and Grow Rich

13 PRINSIP MERAIH KESUKSESAN

Judul Buku      : Think and Grow Rich

Bestseller Legendaris yang Mengawali Semua Bestseller

Penulis             : Napoleon Hill (Direvisi dan diperluas oleh Dr Arthur R.Pell)

Alih bahasa     : Sugianto Yusuf
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-8   : Juli 2018
ISBN                 : 978-979-22-3939-3
Tebal               : 294 hal

Peresensi         : Siti Nuryanti

 

Setiap orang menginginkan menjadi kaya dan sukses, berbagai tips menjadi orang sukses telah banyak ditulis.  Salah satu buku panduan menjadi orang kaya terlaris di dunia adalah buku Think and Grow Rich yang ditulis penulis legendaris Napoleon Hill. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1937 dan sampai sekarang buku ini masih menjadi buku yang ampuh dan dicari oleh masyarakat.

Buku Think and Grow Rich menjadi buku sukses terlaris sepanjang masa yang telah terjual lebih dari lima belas juta eksempelar.  Dalam versi revisi oleh Dr Arthur R Pell, disisipkan cerita orang sukses saat ini seperti Bill Gates,  Mary Kay Ash dan Dave Thomas yang telah menerapkan konsep Napoleon Hill dalam meraih kesuksesan.  Ada 13 prinsip sukses dari Napoleon Hill , yang pertama adalah hasrat. Hasrat merupakan langkah pertama yang harus dimiliki oleh sesorang yang ingin sukses. Seperti dicontohkan Edwin C Barnes seorang gelandangan memiliki hasrat yang menggebu untuk menjadi kaya dan bermitra usaha dengan Thomas A Edison.

“Orang wajib menyadari bahwa semua yang berhasil mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar mulai dengan memimpikan, mengharapkan,mengandaikan, menghasratkan dan merencanakan sebelum memperoleh uang mereka “ (hal : 24)

Napoleon memberikan ilustrasi sebagai berikut  apabila menginginkan uang dua ratus juta, maka tetapkan dalam pikiran kita jumlah uang yang diinginkan secara pasti, tanggal pasti untuk mendapatkan, apa yang akan diberikan sebagai ganti uang yang diinginkan,  uraikan secara jelas rencana untuk mengumpulkan uang tersebut, buatlah pernyataan tersebut secara tertulis, bacalah secara keras sebelum dan saat bangun tidur.  Selama membaca pernyataan tersebut lihat dan yakinkan diri kita sudah memiliki uang tersebut.

Prinsip kedua menjadi kaya adalah keyakinan. Keyakinan ini terkait dengan berpikir positif. Seseorang yang mangganggap bahwa dirinya ditakdirkan menjadi orang miskin, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi alam bawah sadar dan melakukan tindakan-tindakan yang menjadikannya orang miskin. Begitu juga sebaliknya,apabila berpikir dirinya ditakdirkan menjadi orang kaya, maka tindakannya akan mengarah menjadi orang kaya. Kekuatan keyakinan ditunjukan oleh Mahatma Gandhi dari India, Mahatma tidak mempunyai uang, persenjataan , tentara tetapi ia mempunyai kekuasaan.

Ia menciptakan kekuasaan lewat pemahamannya akan asas-asas keyakinan  dan lewat kemampuannya mencangkokkan keyakinan tersebut ke benak dua ratus juta kaumnya (hal:57)

Autosugesti adalah prinsip ketiga menjadi kaya, sugesti diri merupakan media komunikasi antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Masih ada prinsip-prinsip lain untuk menjadi kaya yang dibahas oleh Napoleon Hill, antara lain : pengetahuan khusus, imajinasi, perencanaan terorganisasi, keputusan, kegigihan, kekuatan master mind, misteri transmutasi seks, pikiran bawah sadar, otak dan indra keenam.

Buku Think and Grow Rich ini merupakan buku panduan meraih kesuksesan yang memfokuskan pada kekuatan pikiran. Pola pikir memang hal yang utama dimiliki oleh seseorang untuk meraih impian, namun kerja keras dan kegigihan juga dianjurkan Napoleon Hill.  Sebagai buku terjemahan, ada beberapa kata yang kaku dan canggung, sehingga pembaca perlu beberapa kali membaca untuk memahami isi buku tersebut. Buku ini versi aslinya memang sudah sangat tua diterbitkan delapan puluh tahun yang lalu, namun karena isinya yang mendasar, masih relevan dengan kondisi saat ini. Berbeda dengan buku panduan sukses lainnya, pada beberapa bab buku ini dapat langsung di aplikasikan, namun pada  bab lainnya perlu berulang kali membaca untuk dapat memahami dan mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

*) Tulisan ini dimuat di koran Kabar Madura, 20 Maret 2019

think-and-grow-rich-cover-baru

Tinggalkan komentar

Filed under Non Fiksi, Penerbit Gramedia, Resensi Media Cetak, Review Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s