Review : SEHAT dengan WUDHU

sehat dengan Wudhu

Menjaga Kesehatan Jiwa dan Raga dengan Cara Wudhu yang Benar dan Tepat

Judul Buku      : SEHAT dengan WUDHU
Penulis             : Syahruddin El Fikri
Penerbit           : Republika
Cetakan ke 1   : Januari 2019
ISBN                 : 978-602-57-3462-5
Tebal                : 226 halaman

Blurb

Wudhu diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sebab, melalui wudhu, hampir 500 titik energi akupunktur akan terkena air, dan itu membantu memperbaiki sel-sel syaraf tubuh. Pada wajah terdapat 84 titik energi, tangan 95 titik, kepala 64 titik, telinga 125 titik, dan kaki 125 titik.
Selain itu, wudhu menggabungkan empat teknik pengobatan, dari metode klasik hingga modern, mulai dari akupunktur, refleksi, Emotional Freedom Technique (EFT), hingga Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT)

Setiap muslim yang sudah baligh dan melaksanakan shalat pasti sudah paham tata cara wudhu, bahkan dari anak kecil usia TK sudah diajarkan cara wudhu. Ibadah ini sekilas terlihat ringan namun mempunyai manfaat yang sangat luar biasa. Bukan hanya sebagai syarat sahnya sholat yang bernilai ibadah, namun juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Wudhu dapat membersihkan jiwa dan raga.

Saya tertarik membaca buku ini karena ingin mengetahui lebih detail kenapa wudhu dapat meningkatkan kesehatan badan, dan sekaligus mengecek apakah cara wudhu saya sudah benar. Meskipun ini bukan murni tulisan dari Syahruddin El Fikri, karena merupakan kumpulan atau disadur dari beberapa buku atau jurnal lain. Saya lihat daftar pustaka lumayan panjang 5 halaman tersendiri, ini berarti penulis banyak melakukan riset dengan membaca berbagai buku. Sehingga menjadikan buku ini  mudah dibaca dan dipahami, diperkaya juga dengan ilustrasi yang mendukung tulisan tersebut.

Ada 10 bab dalam buku ini yang secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu membahas wudhu dari segi syariat dalam bab 5-10 ( Syariat untuk membersihkan diri, Hikmah manfaat wudhu, Wudhu batin,Kekuatan Kata , Memelihara wudhu dan posisi wudu) dan yang kedua membahas wudhu dari segi kesehatan bab 1-4 (Sehat dengan wudhu, Dari Akupuntur hingga SEFT, Empat Teori Jadi Sepi, Wudhu Aktifkan Titik-Titik Energi)

Dari melihat judul bab pembaca sudah dapat memperkirakan pembahasan dalam buku ini. Kita akan mendapat pengetahuan tambahan dan kalau benar-benar dipraktikan akan sangat bermanfaat untuk jasmani maupun rohani kita. Seperti yang disampaikan penulis di awal buku ini.

Secara rohani, orang yang selalu berwudhu maka ia akan mendapatkan berbagai manfaat dan pahala di sisi Allah Swt. Kelak, Allah akan menetapkan orang yang suka berwudhu itu ke dalam golongan orang-orang yang suka akan kebersihan (mutathahhirin), orang-orang yang suka bertaubat (tawwabin) dan golongan orang-orang yang saleh (shaalihin)

Secara jasmani, orang yang senantiasa berwudhu (dengan baik, benar dan sempurna) maka ia akan selalu sehat. Sebab bila dalam sehari semalam ia melakukan lima kali pembersihan diri dengan air (wudhu) maka akan terlepaslah berbagai kotoran dan debu yang menempel dibadannya, terutama anggota wudhu (hal 3)

Berikut saya ringkas beberapa manfaat dan hikmah wudhu berdasarkan buku ini :

1. Membasuh tangan dan menyela-nyela jari

Manfaat Jasmani : ada 95 titik akupuntur ketika membasuh tangan hingga siku dan menyela jari-jari, titik-titik tersebut apabila dirangsang dapat menghasilkan efek terapi yang memiliki multi indikasi seperti migrain, sakit gigi, tangan lengan merah, bengkak dan jari jemari kaku.

Hikmah untuk rohani : Sesorang tidak akan melakukan perbuatan yang merugika orang lain, seperti mencuri, merampok, korupsi dsb

2. Berkumur-kumur

Manfaat untuk Jasmani : menyegarkan mulut, menghilangkan bau mulut dan menguatkan organ yang ada di wajah.

Hikmah untuk rohani : membersihkan lidah dari perkataan bohong, fitnah atau menghina orang lain

3. Membasuh Wajah

Manfaat Jasmani : ada 84 titik akupuntur di wajah antara lain titik paru-paru, titik jantung, titip hati, titik limpa,ttitik kandung kemih, dsb. Dengan membasuh wajah akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Hikmah untuk rohani : orang yang senantiasa wudhu (membasuh wajah) maka wajahnya akan tampak bersih dan bercahaya.

4. Membasuh Kedua Tangan sampai siku

Manfaat jasmani :  melancarkan peredaran darah, menguatkan otot kulit, mencegah berbagai jenis penyakit. Seperti pada point 1 ada 95 titik akupuntur ketika membasuh tangan hingga siku

5. Mengusap Kepala

Manfaat jasmani : kulit kepala yang menjadi tempat tumbuhnya rambut berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari secara langsung, menghindarkan luka akibat benturan, dll

Hikmah untuk Rohani : Membersihkan diri dan pikiran dari hal-hal kotor

6.  Membasuh Telinga

Manfaat jasmani : Daun telinga terdapat 125 titik akupuntur yang dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan sejumlah penyakit antara lain ganguan pada telinga bagian luar, dalam dan telinga tengah. Pada masing-masing bagian telinga terdapat organ lain seperti selaput pendengaran, tulang pendengaran, dsb

7. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki

Manfaat jasmani : Ada 125 titik akupntur di kaki, yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit antara lain jnatung, hati, diabetes, kanker , ginjal dsb

Demikian beberapa manfaat wudhu bagi kesehatan, untuk dapat mempraktikan harus membaca langsung buku ini. Ada gambar -gambar berwarna yang memudahkan pembaca untuk memahami tulisan tersebut.

 

Diterbitkan oleh siti nuryanti

I'm wife.. a mom with 2 kids and employee full time...but i always have time to read a books

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: