Resensi : GRAPHOLOGY FOR US

graphology 1 feb 19

KENALI POTENSI DIRI MELALUI TULISAN TANGAN

Judul Buku      : Graphology for us

Penulis             : Sri Erji Wahyuni
Penerbit           : PT. Elex Media Komputindo
Cetakan I        : 2018
ISBN               : 978-602-04-5892-2
Tebal               : 167 hal

Peresensi         : Siti Nuryanti

Di era digital seperti sekarang, makin sedikit orang yang menulis surat menggunakan tulisan tangan. Masyarakat lebih memilih menggunakan komputer yang lebih praktis dan cepat dalam pengiriman pesan. Menulis dengan tangan membutuhkan waktu tersendiri, saat membuat lengkungan atau coretan kita dapat merasakan kehalusan dan kelenturan emosi yang dapat meningkatkan konsentrasi. Tulisan tangan merupakan kombinasi unik dari pemikiran dan perasaan.

Pada tahun 1870 Jean Michon berkebangsaan Perancis menciptakan istilah Graphology, yaitu  ilmu pengetahuan yang digunakan untuk menginterpretasikan karakter dan kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya. Dan sejak itu graphology dikenal luas di dunia, bahkan di Pengadilan Tinggi Australia digunakan sebagai sumber data untuk menganalisis kasus kejahatan karena hasil analisis tulisan tangan 85-95% keakuratan seperti tes sidik jari atau DNA. (hal 5)

Dalam buku Graphology for us, penulis memberikan metode membaca bentuk tulisan tangan yang dikaitkan dengan kepribadian, karakter, emosional, minat-bakat dan potensi seseorang. Penulis merupakan seorang profesional Handwriting Analyst yang telah berpengalaman memberikan pelatihan dan konsultasi grafology lebih dari sepuluhribu jam, sehingga mampu menyampaikan dengan bahasa dan metode yang mudah dipahami pembaca.

Melalui buku ini pembaca dapat belajar menganalisis tulisan tangan, namun sebelum mempraktikkan, perlu dipersiapkan hal-hal berikut, antara lain : sample tulisan berjumlah seribu kata ditulis dalam bentuk paragraf pada selembar kertas tanpa garis, menulis menggunakan bollpoin, bukan pensil atau spidol, perhatikan setiap tanda yang muncul dalam sample tulisan dengan seksama, fokus pada bagaimana tulisan dibuat bukan pada apa yang ditulis.

Ada tiga prinsip dasar graphology yaitu

(1) ruang; adalah kertas tempat menulis yang menggambarkan ruang sosial (margin, jarak spasi, ukuran huruf dan zona tulisan).

(2) bentuk; kombinasi dari model huruf yang digunakan dalam menulis ( kemiringan tulisan, tebal tipis tulisan, bentuk tulisan bulat dan sebagainya)

(3)gerak ; proses dalam menulis (tekanan tulisan dan kecepatan tulisan).

Dengan melihat margin pada saat seseorang menulis dapat diketahui kepribadiannya. Apabila margin kiri lebih besar dan teratur, maka orang tersebut cenderung berusaha maju dari masa lalu, peduli kepada oranglain dan baik hati (hal : 33). Dari ukuran huruf kita juga dapat mengetahui kepribadiannya, ukuran huruf kecil biasanya memiliki ketepatan, teliti namun cenderung membatasi diri dalam kehidupan sosial.

Kecepatan tulisan tangan dapat mengukur kemampuan berpikir seseorang dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Apabila kecepatan normal menggambarkan penulis stabil dan mampu mengatur sesuatu dengan baik. Kecepatan pelan, menggambarkan penulisnya tenang namun lambat dalam melakukan pekerjaan, sedangkan cepat menandakan penulis merespon dengan cepat, dan terkadang terkesan terburu-buru. (hal : 103)

Tulisan tangan dapat membantu mengenali potensi diri. Jika bentuk tulisan tangan condong ke kanan berati tipe orang yang berani menghadapi tantangan dan bersikap terbuka dalam menghadapi resiko.Tipe orang seperti hal tersebut dapat menjadi seorang pengusaha. Dan sebaliknya, jika tulisan tangan condong ke kiri, maka mempunyai kepribadian menarik diri, menghindari resiko dan lebih menyukai data. Dengan mengenali potensi diri, maka dapat membantu meraih kesuksesan.

Masih banyak analisa lainnya yang ditulis dalam buku ini. Buku ini dapat dijadikan kamus atau panduan untuk menganalisis tulisan tangan, dilengkapi dengan contoh dan gambar yang mendukung sehingga makin mempermudah pembaca untuk mempraktikan. Buku ini layak dibaca oleh semua kalangan, dengan semakin memahami diri sendiri, pasangan, keluarga, patner kerja diharapkan dapat meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

*) tulisan ini dimuat di koran Kabar Madura Jumat, 01 Februari 2019

Graphology for us.jpg

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Non Fiksi, Penerbit Elex Media, Resensi Media Cetak, Review Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s