Resensi : Matinya Perusahaan Gara-Gara SOP

matinya perusahaan gara2 sop. 31 okt 18

MERAIH KEUNTUNGAN PERUSAHAAN DENGAN MENERAPKAN

SOP YANG BENAR

Judul Buku      : Matinya Perusahaan Gara-Gara SOP
Penulis             : Suryono Ekotama
Penerbit           : PT. Elexmedia Komputindo
Cetakan I        : 2018
ISBN               : 978-602-04-5500-6
Tebal               : 254  hal

Peresensi         : Siti Nuryanti

 

Dalam dunia kerja kita sering mendengar istilah SOP ( Standar Operating Procedure). Setiap perusahaan biasanya memiliki SOP guna membantu karyawan mempermudah menyelesaikan pekerjaan. SOP adalah alur atau tata kerja yang distandarisasi. Perusahaan yang memiliki SOP tentunya berharap adanya peningkatan keuntungan atau pengembangan perusahaan. Namun tidak sedikit perusahaan yang mengalami kemunduran atau justru kebangkrutan meskipun telah menerapkan SOP yang telah disusun.

Buku Matinya Perusahaan Gara-Gara SOP menjelaskan secara rinci penyebab kegagalan penerapan SOP yang merugikan perusahaan beserta solusi praktis yang mudah dan telah teruji. Ditulis oleh praktisi bisnis membuat pembaca lebih mudah memahami dan mempraktikannya.

Penulis menjelaskan dua puluh enam (26) alasan yang menjadi penyebab SOP tidak berjalan bahkan menyebabkan kebangkrutan.

Penyebab SOP tidak berjalan antara lain penyusun SOP yang tidak kompeten. Ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang penyusun SOP yaitu memiliki pengalaman bisnis praktis dan intuisi bisnis yang cukup, visioner dan mempunyai kemampuan berpikir global. Apabila SOP disusun oleh penyusun yang tidak kompeten, maka kemungkinan yang dapat terjadi antara lain SOP tidak dapat diterapkan, dan apabila diterapkan tidak terjadi perubahan atau malah merugi.

Kesalahan yang kedua apabila SOP disusun tanpa memperhatikan struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan. Hal ini diibaratkan bangunan tanpa fondasi yang dapat runtuh sewaktu-waktu karena tidak ada pijakannya. Seperti halnya apabila perusahaan tidak mempunyai visi misi perusahaan maka tidak mempunyai arah dan tujuan yang tepat. Suatu perusahaan harus mempunyai corporate value dan corporate culture. Corporate value adalah nilai-nilai yang ditanamkan oleh pendiri perusahaan ke dalam perusahaan yang didirikannya, sedangkan corporate culture adalah kebiasaan melakukan pekerjaan yang diulang-ulang (hal : 93). Dalam pembuatan SOP harus mempertimbangkan corporate value dan corporate culture, jika tidak maka SOP tersebut pasti gagal.

Dalam menyusun SOP terkadang melewatkan proses uji coba sebelum finalisasi. Dengan dilakukan proses uji coba sebelum finalisasi perusahaan dapat mengetahui kelemahan-kelemahan mendasar yang  berpotensi merugikan perusahaan. Selain itu, dengan uji coba akan diketahui efektivitas dan efisiensi SOP yang dibuat.

Penyebab lain yang mengakibatkan SOP tidak berjalan adalah tidak adanya evaluasi. Evaluasi dilakukan terhadap dua hal yaitu (1) apakah hasil kerja sudah sesuai dengan standar hasil kerja menurut SOP (2) apakah prosedur/alur/cara kerja yang distandarisasi sudah mendukung upaya pengembangan perusahaan (hal : 209). Tugas pimpinan perusahaan yang melakukan evaluasi ini.

SOP yang baik adalah SOP yang sederhana, bukan SOP yang rumit dan sulit dimengerti. Pada umumnya penyusun SOP yang memiliki pengalaman mengelola bisnis riil, akan membuat SOP dengan cara yang sederhana, mudah dipahami dan mudah diterapkan. Jadi hindarilah membuat SOP yang rumit dan sulit dimengerti.

Masih banyak kesalahan lain yang sering terjadi dalam pembuatan SOP dijelaskan dalam buku ini. Bagi para enterprenuer, konsultan maupun karyawan dapat menjadikan buku Matinya Perusahaan Gara-Gara SOP sebagai rekomendasi dalam penyusunan SOP. Dengan menyusun dan menerapkan SOP yang benar perusahaan dapat meningkatkan keuntungan, memperbaiki kinerja pegawai dan mampu meningkatkan daya saing perusahaan.

*) Tulisan ini dimuat di koran Kabar Madura edisi Rabu, 31 Oktober 2018

Matinya-Perusahaan-Gara-Gara-SOP

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Non Fiksi, Penerbit Elex Media, Resensi Media Cetak, Review Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s