Resensi : Parade Kisah Pengguna Taksi dan Ojek Online

3 Juli 2018

FOTO ANAK BANGKITKAN SEMANGAT DARI KELELAHAN

Judul Buku     : Parade Kisah Pengguna Taksi & Ojek Online
Penulis            : Desi Lastati, dkk
Penerbit         : DIVA Press
Cetakan I        : April  2018
ISBN                : 978-602-391-532-3
Tebal              : 157 hal

Peresensi       : Siti Nuryanti

Transportasi salah satu sarana perhubungan yang sangat penting bagi aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Pada zaman dahulu, masyarakat menggunakan transportasi darat dengan menunggang hewan seperti kuda, onta , keledai dan lainnya kemudian dengan adanya era industri berkembang menjadi sepeda, kereta api, sepeda motor,mobil dan pesawat.

Seiring berkembangnya teknologi, transportasi juga mengalami perkembangan pesat.  Pada tahun 2015, mulai muncul transportasi yang berbasis aplikasi teknologi atau saat ini dikenal dengan istilah transportasi online.  Transportasi online booming di kota-kota besar.  Kota-kota besar di Indonesia pada umumnya mempunyai permasalahan yang sama yaitu kemacetan. Transportasi online menjadi salah satu solusi kemacetan dengan menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.  Dahulu sebelum ada transportasi online, si pengemudi mangkal di tempat-tempat tertentu, calon penumpang harus menghampirinya. Namun sekarang, si pengemudi yang menghampiri penumpang, memberikan pelayanan terbaik dan tidak tawar menawar harga. Proses tawar menawar harga yang terkadang menimbulkan drama atau perdebatan antara pengemudi dengan calon penumpang.

Buku ini merangkum sekelumit kisah dan pengalaman penumpang transportasi online. Ada dua puluh penulis yang menceritakan pengalamannya naik taksi atau ojek online.  Ada kisah yang lucu, menjengkelkan, romantis hingga cerita penuh keharuan. Kisah  romantis antara lain dalam cerita yang berjudul Lauhul Mahfudz karya Ade Nurani Rachmat Ilahi seorang mahasiswi yang berkenalan saat menumpang ojek online dan berakhir dengan menerima lamaran dari driver ojek online tersebut.  Dalam kisah Practice English with Grab Driver menceritakan bahwa sang pengemudi pernah tinggal dan bekerja perusahaan Britania Raya, dan setelah pensiun kembali ke Indonesia.  Pengalaman ini dialami oleh Nina Yaninu, selama dalam perjalanan menumpang Taksi online yang berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Ada juga kisah mengharukan dari Hanny Dewanti  dengan judul tulisan Foto di atas Dasbor yang menceritakan bahwa Hanny melihat foto anak perempuan diatas dasbor taksi online yang ditumpanginya. Sang pengemudi bercerita bahwa apabila lelah atau mengantuk karena seharian bekerja, maka dengan melihat keceriaan anaknya di foto tersebut, semangatnya kembali bangkit.

Kisah penumpang transportasi lainnya dari Malaysia, penumpang asal Indonesia seorang buruh imigran bernama Desi Lastati yang mengalami pengalaman kurang menyenangkan dengan driver taksi online. Warga negara Indonesia yang tinggal di Malaysia dan berstatus sebagai Asisten Rumah Tangga terkadang dipandang sebelah mata oleh penduduk Malaysia.  Seperti yang terjadi pada Desi, saat menumpang taksi online, drivernya menggodanya, seolah dia perempuan gampangan.  Namun, untungnya tidak berlebihan sehingga dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Berbeda dengan Desi Lastati yang pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan,  Cahyaning  Fitri mempunyai pengalaman yang menyenangkan. Dalam cerita Parfum Penyemangat Driver Ojek , Cahyaning menjadi semangat saat berangkat kuliah karena menumpang driver ojek online yang mempunyai parfum wangi. Bahkan menjadi ojek langganannya dan berteman akrab dengan drivernya yang sesekali waktu memberi tumpangan gratis.

Masih banyak kisah lainnya yang dapat diambil hikmahnya. Dari berbagai cerita di buku tersebut, terlihat bahwa driver transportasi online sangat membantu mempermudah aktivitas dari para penumpang. Buku Parade Kisah Pengguna Taksi dan Ojek Online dapat dibaca oleh siapapun, karena mengandung pesan moral yang bermanfaat bagi kehidupan. Dengan membaca buku ini, diharapkan pembaca juga makin menghargai profesi apapun termasuk pengemudi transportasi online.

*) Tulisan ini dimuat di koran Jakarta, 3 Juli 2018

Iklan

1 Komentar

Filed under Non Fiksi, Penerbit Diva Press, Resensi Media Cetak, Review Buku

One response to “Resensi : Parade Kisah Pengguna Taksi dan Ojek Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s