Resensi : KISAH-KISAH NYESEK KKN

Kisah2 Nyesek KKN, Minggu 22 April 2018

PENGALAMAN BERHARGA MELALUI KKN

Judul Buku     : Kisah-Kisah Nyesek saat KKN
Penulis            : Frida Kurniawati, dkk
Penerbit         : DIVA Press
Cetakan I        : Januari 2018
ISBN                : 978-602-391-495-1
Tebal              : 152 hal

Peresensi       : Siti Nuryanti

kkn

Perguruan Tinggi merupakan salah satu agen perubahan bangsa. Salah satu visi perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat. Sudah menjadi budaya setiap universitas mempunyai program pengabdian masyarakat atau yang dikenal dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Universitas menerjunkan para mahasiswa ke masyarakat sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana.  Program ini bertujuan agar mahasiswa dapat bertukar pikiran dengan masyarakat dan memberi sumbangsih agar potensi masyarakat dapat berkembang.

Lokasi KKN biasanya selalu di pedesaan yang jauh dari perkotaan  dengan sarana dan prasarana terbatas. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa belajar tentang kesederhanaan secara langsung dari masyarakat.

Buku ini berisi kisah nyata para mahasiswa saat melakukan kegiatan KKN.  Ada dua puluh empat penulis yang menceritakan pengalamannya, dari kisah yang lucu,  drama, kriminal, romantis hingga kisah horor saat di lokasi KKN.

Dalam keterbatasan fasilitas dan sarana prasaran, para mahasiswa menjalani program KKN ini dengan hati yang ringan. Kegembiraan terlihat dari sebagian besar kisah lucu mereka di lokasi KKN yang diceritakan di buku ini. Seperti kisah Ramajani Sinaga berjudul Lele Kuning, menceritakan kesulitan membuang hajat dikarenakan lokasinya yang jauh, hingga akhirnya buang hajat di kantong plastik. Kisah lucu lainnya dari Bustamin, pada saat tidur, diberaki ayam yang ikut tidur di sudut rumah, karena rumah tersebut tidak punya bilik kamar.  Kisah kriminalitas di lokasi KKN yang dialami LD. Lustikasari menjadi kisah tersendiri, saat seorang penduduk dibegal oleh komplotan begal anak muda di kampung tersebut, rombongan KKN tidak tahu cara mengatasinya, namun dengan ketegasan ibu kadus, para begal tersebut menjadi takluk. Masih banyak kisah lainnya yang dapat diambil nilai positif dari masing-masing kisahnya.

Buku ini dapat menjadi rujukan bagi para mahasiswa yang akan menjalani program KKN, sehingga dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi hal-hal yang dapat terjadi di lokasi KKN. Dikemas dengan gaya bahasa yang ringan dan kocak sehingga pembaca dapat terhibur. Bagi dinas intansi terkait, dengan membaca buku ini dapat mengetahui kondisi masyarakat pedesaan, baik dari segi sarana-prasarana, sosial budaya maupun perekonomiannya. Dengan demikian diharapkan sumbangsih dari pemerintah maupun para mahasiswa dapat makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

*) dimuat di Kedaulatan Rakyat Minggu, 22 April 2018

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Non Fiksi, Penerbit Diva Press, Resensi Media Cetak, Review Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s