(Blogtour-Giveway ) Silence : Akiyoshi Rikako

Judul Buku : Silence
Penulis : Akiyoshi Rikako
Penerbit : Haru Media
Cetakan I : Desember 2017
ISBN : 978-602-6383-38-9
Tebal : 322 hal

Blurb

Kenapa aku tidak bisa keluar dari pulau ini?

Miyuki dibesarkan di Yuki-no- Shima, sebuah pulau terpencil yang konon dilindungi oleh Simatama-san, dewa penjaga pulau. Miyuki yang bermimpi menjadi artis akhirnya keluar dari pulau itu dan tinggal di Tokyo, meskipun ditentang oleh kedua orangtuanya.

Setelah lama tidak pulang, akhirnya tahun ini Miyuki akan pulang bersama dengan Toshiaki, kekasihnya. Meski awalnya Miyuki tidak menyadarinya, tapi sepertinya Simatama-san tahu ada yang tidak beres dengan Toshiaki.

Apa pun yang terjadi, Shimatama-san pasti melindunginya, kan?

Silence mengkisahkan seorang gadis bernama Miyuki yang berasal dari pulau terpencil. Yuki-no-Shima, pulau yang ditutupi salju tebal dan terlihat misterius ini, mempunyai penduduk tiga ratus jiwa dimana masyarakatnya masih tradisional dan memegang teguh adat serta budaya setempat .

Kecantikan dan kemampuan menyanyi Miyuki terkenal di seluruh Yuki-no-Shima. Ia mempunyai impian untuk menjadi artis terkenal. Melalui ajang pencarian anggota girlband, Miyuki berhasil mewakili daerahnya dan penyeleksian terakhir di Tokyo. Impiannya tinggal selangkah lagi menjadi kenyataan, untuk menjadi artis. Namun impiannya terhalang restu orangtua, yang tidak mengijinkan Miyuki pergi ke Tokyo kecuali untuk meneruskan kuliah disana.

“ Lucunya, walaupun sudah dua puluh tahun berlalu, perasaan yang mengutuk kedua orangtuanya masih ada dalam sudut hati “ (hal:20)

Kekecewaan Miyuki terhadap orangtuanya tidak hilang meski sudah dua puluh tahun berlalu. Miyuki, memang akhirnya pergi ke Tokyo setelah tamat SMA, untuk meneruskan kuliah dan mencoba kembali meraih impiannya. Namun Miyuki harus puas hanya menjadi Manajer Artis. Miyahara Kaori adalah artis muda yang dibimbing Miyuki. Berkat kerja keras dan kedisiplinan Miyuki, Kaori menjadi artis muda yang terkenal di Jepang.

Kesibukan Miyuki membuatnya tidak pulang ke rumah di Yuki-no-Shima selama beberapa tahun. Miyuki memutuskan pulang ketika berniat memperkenalkan kekasihnya, Toshiaki kepada orangtuanya, sekaligus meminta restu untuk menikah. Dan sesampainya di Yuki-no-Shima, banyak peristiwa yang terjadi di sana. Kejadian yang diluar perkiraan, yang membuat Miyuki tidak dapat keluar dan tinggal kembali di Yuki-no-Shima, apakah ini dikarenakan ada campur tangan Shimatama-san, Dewa Pelindung Pulau tersebut? Bagaimana rencana pernikahan Miyuki dan Toshiaki? Apakah orangtua Miyuki merestuinya?

“…kepada Shimatama-san. Aku akan berdoa, kumohon jangan biarkan Kakak keluar dari Yuki-no-Shima “(hal:162)

Ulasan

Silence adalah buku kedua karya Akiyoshi Rikako yang saya baca. Perkenalan pertama dengan Akiyoshi saat membaca buku Holy Mother. Buku pertama yang bergenre thriller, dibumbui misteri dan alur cerita yang tidak terduga membuatku jatuh cinta dengan karya Akiyoshi Rikako.

Ada kesamaan tema cerita antara Silence dan Holy Mother, Akiyoshi mengangkat tema keluarga dalam kedua buku ini. Unsur misteri juga ada dalam novel Silence, meskipun tidak se-misteri Holy Mother, karena dalam novel Silence penulis mengungkapkan dalam bagian cerita lain, sehingga pembaca tidak terlalu menduga-duga. Menurut saya misterinya kurang greget. Ada banyak tokoh yang sempat membuatku bingung, ditambah dengan adanya pergantian PoV beberapa tokoh. Awal cerita menggunakan PoV Miyuki, kemudian di tengah cerita berganti dengan PoV Tatsuya dan pada akhir cerita beralih Pov Yayoi.

Namun penulis mampu mengkombinasikan tema cerita keluarga, persahabatan, supranatural, cita-cita dan cinta dalam satu buku dengan takaran yang pas.

Dan hal menarik lainnya, penggabungan tiga alur sekaligus dalam novel ini, alur masa lalu, alur sekarang dan masa depan dengan tidak membuat garis cerita yang sama.

Cover buku, bagiku menjadi salah satu hal yang menarik, dan saya suka dengan covernya, sangat mewakili cerita ini, seorang gadis cantik dengan butiran salju menerpa wajah dan rambutnya.

Buku ini makin menambah wawasanku tentang adat dan budaya Jepang seperti tatacara melamar, kepercayaan masyarakat setempat dan lainnya.

Recommended, buat kalian yang menyukai cerita thriller ringan dengan unsur supranatural atau siapapun yang menyukai cerita berlatar belakang Jepang.

blogtour silence

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada penerbit Haru yang telah memilih saya menjadi salah satu host blogtour Giveway #HyoukaSilenceRealize.

Saya bertugas memberi clue untuk mengikuti giveaway final yang diadakan di facebook Penerbit Haru. Kalian membuat minimal satu paragraf dan maksimal empat paragraf dari clue yang saya dan host blogtour lain berikan. Jadi kalian ikuti semua untuk mendapatkan semua clue ya….

Berikut ketentuan giveaway :

  1. Follow Instagram @penerbit haru (wajib) dan Instagram @yanti_chanel (optional)
  2. Follo Twitter @penerbit haru (wajib) dan @NelyRyanti (optional)
  3. Like Fanpage Penerbit Haru (wajib)
  4. Share giveaway ini di sosial media yang kalian punya
  5. Mengumpulkan clue di setiap blog host dan menyusunnya menjadi paragraf
  6. Menuliskan nama dan akun facebook kalian di kolom komentar postingan ini

Clue : Artis

Oiya, kalian juga dapat mengikuti giveaway buku Hyouka dan Buku Realize

Untuk mencari clue lainnya cek link berikut ini ya :

Silence

10 Februari di http://readingvibes.blogspot.co.id/

13 Februari di https://diaryofbrunette.wordpress.com/

16 Februari di kamu di sini

 

Hyouka

9 Februari di http://www.yessielrismar.com/

12 Februari di https://justsavemywords.wordpress.com

15 Februari di http://vancapella.tumblr.com/

 

Realize

11 Februari di https://vaaridapunya.blogspot.co.id/

14 Februari di https://irbatko.wordpress.com/

17 Februari di https://ceritananan.blogspot.co.id/

 

 

Goodluck…..

Diterbitkan oleh siti nuryanti

I'm wife.. a mom with 2 kids and employee full time...but i always have time to read a books

14 tanggapan untuk “(Blogtour-Giveway ) Silence : Akiyoshi Rikako

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: