Kilas Balik Tahun 2017

gambar resensi 2017

Hai teman-teman …Selamat Tahun Baru 2018 !!!

Sudah terlambat banget yaa….wkk..wkkk… sudah mau satu bulan, baru ngucapin ?? Lebih baik terlambat kan…daripada tidak sama sekali…Tapi ini sudah setengah bulan tahun 2018…kemana saja kemarin ??

Dan lihat judul postingannya…KILAS BALIK 2017, ini lebih dari terlambat..harusnya ini diposting di akhir 2017…ckk..ckk …

hadeuh bakalan ditimpuk pembaca ga yaa…..aku nulis postingan begini

Tapi aku yakin yang baca postinganku, orangnya sabar, baik hati, tidak sombong dan suka menabung…jadi biarkan aku meneruskan celotehku ini.

Bagaimana tahun 2017 yang telah kalian alami ? Pasti banyak kenangan yang telah dilewati, baik kenangan manis, pahit atau asam   (kaya permen nano-nano yaa..)

Apapun yang telah kita lalui, harus tetap bersyukur bahwa kita mampu melewati semua itu dan yakinlah setiap kejadian dapat diambil pembelajaran untuk masa depan (sok jadi motivator 🙂

Dan sehubungan dengan kesenanganku di dunia literasi, saya bersyukur masih dapat melakukan aktivitasku ditengah serbuan tugas kantor, tugas seorang ibu, tugas seorang istri dan tugas-tugas yang lainnya .

Dari tahun 2015, saya mulai menjalani hobi baca buku. Awal saya membaca buku setahun hanya 20 buku, kemudian tahun 2016 naik menjadi 50 buku dan tahun 2017 kemarin target 60 buku, saya berhasil menyelesaikan 74 buku

GR challange.jpg

Goodreads Challange

Seiring meningkatnya jumlah buku yang dibaca, sayangnya tidak diimbangi dengan meningkatnya menulis review buku yang telah dibaca. Tahun 2017, saya menyelesaikan 74 buku, tetapi review buku yang ditulis hanya 38, jadi cuma setengahnya. Hal ini sama seperti tahun 2016, hanya setengahnya yang direview.

Jadi kesimpulannya, saya tidak ada kemajuan dalam menulis review buku di blog …huuh sedih..tapi ada yang membuatku bersyukur dengan tahun 2017 lalu. Apakah itu ??

Dibalik kemalasan saya ngereview buku di blog, sebenarnya saya sedang belajar hal lain, yaitu menulis resensi buku yang dikirim ke Media cetak. Seumur-umur saya belum pernah menulis apapun di media cetak, baik media lokal, media kampus atau mading sekolah. Ketika saya melihat beberapa blogger yang namanya nangkring manis di koran-koran, saya jadi tertarik…bukan untuk femes lho…Aku pengin merasakan gimana rasanya namaku ada ditulis di koran. Mulailah saya belajar, membaca resensi teman-teman yang dimuat di koran. Ternyata tidak semudah yang saya bayangkan…

Kalau biasanya saya mereview buku di blog, ngasal, dengan bahasa yang semau gue dan alur cerita yang ngalor ngidul ngga jelas….contohnya kaya gini nih…( Sampe disini kalian pasti sudah mulai nguap..atau mungkin tadi sudah berhenti di paragraf pertama )

Pada saat saya menulis resensi di media cetak, itu jauh lebih susah daripada nulis di blog, padahal hanya 4000 cws yang ditulis, tapi mikirnya bisa berjam-jam kadang berhari-hari…amatiran banget yaa…

Akhirnya setelah berkali-kali mencoba mengirim resensi ke koran-koran, ada juga yang lolos dan dimuat. Pertama kali dimuat rasanya ga percaya, tulisanku yang masih amatiran itu ternyata dibaca sama redaksi yaa…seneng banget kan…

Berikut resensi yang dimuat :

Koran Jakarta :

  1. Resensi buku Jejak Dedari karya Erwin Arnada dimuat Kamis, 2 Februari 2017

Link Koran : Resensi Jejak Dedari di Koran Jakarta

jejak dedari di Korjak

 

2. Buku Trik Juara Mengatur Waktu,dimuat Kamis 23 Maret 2017

Link Koran : Resensi Trik Juara Mengatur Waktu di Koran Jakarta

Resensi Trik Juara mengatur waktu di korjak

3. Buku Passion Stories , dimuat Jumat/8 September 2107

Link Koran : Resensi Passion Stories di Koran Jakarta

resensi passion stories di korjak

Koran Kedaluatan Rakyat:

  1. Buku Persona, dimuat Sabtu 18 Maret 2017

Resensi di KR sabtu,18 Maret

2. Buku Dongeng Fantasi Pembentuk Kepribadian Baik, dimuat Sabtu, 22 April 2017

Resensi dongeng dimuat di KR 22 April 2017

3. Buku Cara Berpikir Suprarasional, dimuat Senin 20 November 2017

IMG-20171122-WA0007.jpg

 

Koran Radar Sampit :

  1. Buku Everything- Everything, dimuat Minggu 23 April 2017pixlr_20170426160412110
  2.  Buku Habibie Ya Nour El Ain , dimuat Minggu 12 November 2017habibie ya nour el ain.jpg

3. Buku Ikan Ikan Mati, dimuat hari Minggu , 17 Desember 2017IKAN-IKAN MATI

Jadi total yang dimuat baru 9 buku pada koran yang berbeda. Sebenarnya saya mengirim belasan tulisan di berbagai koran, tetapi baru 9 tulisan dan 3 koran yang berhasil tembus.

Memang baru sedikit, saya masih belum ada seujung kukunya penulis lain yang dalam waktu satu tahun, ratusan resensi yang dimuat di koran.  Namun sebagai penulis pemula, saya cukup senang dengan pencapaian ini, bukan berarti saya sudah puas, tetapi saya masih harus terus belajar, agar tulisan saya semakin baik dan layak untuk dimuat. Keberhasilan ini juga berkat teman-teman penulis lain, yang sering saya stalking web nya atau tulisan-tulisannya. Terima kasih untuk Mba Kazuhana Ratna Elmida dan Mas Muhamad Rasyid Ridho, mereka berdua King and Queen of Resensor ..he..he..(ini istilah yang kubuat sendiri, jangan marah ya…)

Saya menulis postingan ini, hanya ingin memberi semangat untuk diri sendiri, bahwa ketika ada kemauan dan usaha sungguh-sungguh dalam mencapai keinginan, pantang menyerah…insyallah akan terwujud.

Semoga tahun 2018 ini , semangat saya untuk terus belajar dan berkarya tidak pernah surut. Amiin

 

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under About This Blog, Artikel, Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s