Then & Now ; Dulu & Sekarang

Judul Buku        : Then & Now : Dulu & Sekarang
Penulis               : Arleen A
Desain Cover    : Martin Dima
Editor                 : Dini, Riska
Penerbit             : PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan ke-1     : 22 Mei 2017
ISBN                    : 978-602-03-5128-5
Halaman            : 344 hal

 

Blurb

Ruita
Gadis dari suku telinga pendek. Ia tidak menyukai suku telinga panjang, apalagi kalau harus bekerja pada mereka. Tapi lalu ia melihat mata itu, mata seorang lelaki suku telinga panjang yang sorotnya seolah dapat melihat kedalaman hati Ruita.

Atamu
Ia tidak pernah menyangka akan jatuh hati pada gadis dari suku lain yang lebih rendah derajatnya. Tapi apalah arti kekuatan lelaki berusia enam musim panas bila dihadapkan pada takdir yang lama tertulis sebelum dunia diciptakan?

Rosetta
Ia punya segalanya, termasuk kekasih yang sempurna. Tapi ketika dilamar, ia menolak tanpa tahu alasannya. Ia hanya tahu hatinya menantikan orang lain, seseorang yang belum dikenalnya.

Andrew
Ia hanya punya enam bulan untuk mencari calon istri, tapi ia tak tahu dari mana harus memulai sampai ia melihat seorang gadis berambut merah. Dan begitu saja, ia tahu ia akan melakukan apa pun untuk mendapatkan gadis itu.

Ini kisah cinta biasa: tentang dua pasang kekasih yang harus berjuang demi cinta. Namun, bukankah tidak pernah ada kisah cinta yang biasa?

Then & Now adalah novel pertama karya Arleen yang saya baca. Saat pertama kali muncul di timeline saya langsung tertarik untuk membacanya, sebagai tipe pembaca yang melihat cover buku dulu sebelum membaca isinya, tentu saja langsung tertarik dengan cover unik, yang mirip koran ini.

“Kata orang, cinta tidak mengenal apapun. Tidak tempat, tidak juga waktu”

Buku ini mengisahkan dua kisah cinta dari dua pasang kekasih yang berbeda masa, yang masing-masing mengisi cerita Then (Dulu) dan Now (Sekarang).

Pada bagian Then (Dulu) dikisahkan Ruita dan Atamu yang menjalin kisah cinta yang terlarang. Ruita adalah gadis dari suku telinga pendek yang dikenal dengan nama suku Momoki. Mereka hidup dibawah kekuasaan Suku telinga panjang atau Suku Eepe. . Kisah pertemuan Ruita dan Atamu berawal saat Ruita bekerja di keluarga Tangata Heteriki, Atamu adalah salah satu anak majikannya (petinggi dari Suku Eepe). Hanya melalui tatapan mata beberapa menit, mampu menggetarkan jiwa mereka. Cinta memang tidak mengenal waktu dan tempat, tidak mengenal suku dan derajat. Dalam kepercayaan mereka, suku Momoki harus menikah dengan sesama suku Momoki demikian juga dengan suku Eepe, mereka tidak boleh menikah, jangankan menikah bersentuhan dengan suku Momoki tidak diperbolehkan. Apabila melanggar akan di hukum, dicambuk dikucilkan dan dikeluarkan dari anggota suku Eepe. Ruita dan Atamu menjalani kisah cintanya secara sembunyi-sembunyi, setiap malam mereka bertemu di sebuah pantai yang tersembunyi. Hingga suatu hari hubungan mereka diketahui oleh tunangan Ruita, yang bernama Vai..yang merupakan anggota suku Momoki seperti Ruita

Apakah yang akan terjadi terhadap Ruita dan Atamu ?? Akankah Ruita tetap mempertahankan cintanya terhadap Atamu atau memilih mengikuti adat istiadat suku Momoki, yaitu menikah dengan sesama suku Momoki?

Bagian kedua : Now (sekarang) bercerita tentang Rosetta dan Andrew. Di bagian kedua ini mengambil setting masa sekarang kehidupan di Amerika. Kisah cinta putri pemilik hotel dengan seorang bellboy hotel. Andrew sebenarnya pewaris tunggal perusahaan besar kakeknya, tetapi kakeknya sedang menguji kemampuannya, sehingga Kakeknya mencabut semua fasilitas, termasuk penthouse, pekerjaan, mobil , ATM dsb, dengan 3 persyaratan yang harus dipenuhi dalam waktu 6 bulan. Andrew memilih bekerja sebagai concierge  atau belboy di hotel Grimson. Hal ini selain harus mendapatkan pekerjaan, karena di hotel itu ia bertemu dengan seorang wanita, yang mampu menggetarkan jiwanya. Dan belakangan diketahui sebagai putri pemilik hotel tempatnya bekerja. Singkat cerita, Roseta dan Andrew menjalin kisah cinta. Dan ketika Roseta mengetahui siapa sebenarnya Andrew,  kisah indah mereka mendadak hancur. Rosetta merasa di bohongi oleh Andrew. Bagaimana akhir kisah mereka??

Penasaran….?? Kalian harus membacanya sendiri, sampai selesai.

Mengutip dari sinopsis di cover belakang buku ini… “ini kisah cinta biasa; tentang dua pasang kekasih yang harus berjuang demi cinta. Namun, bukankah tidak pernah ada kisah cinta yang biasa?”

Saya sependapat, kisah cinta yang di buku ini memang jamak di angkat dalam novel-novel, tentang cinta beda dunia, beda kasta,beda suku dan sebagainya. Tetapi ada poin istimewa dalam buku ini. Unsur historis tentang setting Pulau Rana Pui yang didasarkan pada Pulau Easter Island (Rapa Nui) menambah pengetahuan geografis tersendiri, dan saya langsung googling letak Rapa Nui…ternyata merupakan salah satu pulau milik Chili di selatan Samudera Pasifik. Pulau ini masuk dalam kategori situs warisan Dunia UNESCO. Unsur mitologi yang melingkupinya, juga menambah daya tarik pembaca.

Dari kedua bagian ini, saya lebih menyukai bagian Then (Dulu). Kisah Ruita dan Atamu begitu heroik dan dramatis..perjuangan mereka demi cinta membuatku meleleh. Atas nama cinta…hufft..mampu mempertaruhkan nyawa..

Bagian Now, bukannya tidak suka, hanya saya kurang dapat “feelnya” meskipun chemistri andrew dan Rosetta juga dapat. Entah mengapa konfliknya terasa kurang greget…
Saya suka gaya bercerita penulis yang menggunakan sudut pandang berbeda-beda pada setiap bab disesuikan dengan tokohnya, jadi pembaca mengetahui dengan detail karakter setiap tokoh di dalamnya.

Saya memang bukan pertama kali membaca novel dengan tema yang seperti ini, tema perjuangan cinta di masa lalu, yang kemudian reinkarnasi di masa sekarang..tetapi kepiawaian penulisnya dalam mengeksekusi cerita, menggunakan latar, tempat dan waktu menjadikan novel ini, berbeda dengan novel-novel lainnya.

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Penerbit Gramedia, Review Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s