Firegate: Piramida Gunung Padang

FIREGATE

Judul Buku :Firegate : Piramida Gunung Padang
Penulis : Rizky Ridyasmara
Editor: Septi WS
Penerbit : Penerbit Grasindo
Cetakan I :  Agustus 2016
ISBN :978-602-375-616-2
Halaman :274 hal

Blurb

Piramida Gunung Padang adalah piramida tertua di dunia. Usianya dua kali lipat lebih dahulu ada dibanding Piramida Giza di Mesir. Hasil uji laboratorium Beta-Analytic di Miami, AS, sebuah laboratorium rujukan utama arkeolog dunia, membuktikan hal itu. Walau masih diselimuti kabut misteri yang pekat, piramida yang berada di tanah Pasundan ini perlahan mulai membuka diri.

Proyek eskavasi yang digagas pemerintah, tragedi demi tragedi yang terjadi, akhirnya mempertemukan Doktor Arni (arkeolog senior yang rasionalis), Tomo (jurnalis investigatif yang skeptik), dan Guntur (paranormal kondang murah senyum) untuk bersatu melawan kekuatan gelap yang tersimpan di dalam perut
piramida yang ada di Cianjur, Jawa Barat ini.

Apa sesungguhnya yang tersimpan di dalam perut piramida tertua di dunia ini? Benarkah Piramid Gunung Padang merupakan penjara bagi Dajjal, raja iblis, yang akan muncul di akhir zaman? Benarkah akhir dunia akan berawal dari Nusantara, sebagaimana peradaban umat manusia yang memang berasal dari tanah ini?

Gold…glory …and gospel

Kekayaan, kejayaan dan pengetahuan . Tahukah kalian jika ketiganya adalah pangkal dari bencana, peperangan,dan kesengsaraan umat manusia, sejak dulu hingga sekarang, dan sangat mungkin juga masa depan (hal:26)

Novel ini ditulis berdasarkan skenario film Firegate, yang telah tayang pada tahun 2016. Yang diproduksi dari Rumah Produksi  Legacy Pictures, dengan Penulis skenario Robbert Ronny dan sutradara Rizal Mantovani.  Dan sayangnya, saya tidak sempat menonoton filmnya. Tetapi buku ini sudah cukup memuaskan saya menikmati cerita sejarah bercampur mitos dan legenda Nusantara. Pada masa sekolah pelajaran Sejarah, merupakan salah satu pelajaran yang membosankan dan membuat ngantuk, harus banyak menghafal angka tahun atau tempat-tempat peristiwa…dan ini yang kurasakan dahulu. Hal itulah mungkin yang menyebabkan sebagian besar siswa atau anak muda jaman sekarang kurang menyukai sejarah. Kalau saja pembelajarannya dengan bercerita seperti novel ini , tentu lebih menyenangkan.

Nusantara bukan warisan nenek moyang, tapi dia titipan anak cucumu….

Buku ini menceritakan situs sejarah Piramid Gunung Padang, di Cianjur yang dikabarkan piramid tertua di dunia yaitu 4800 SM, lebih tua dari piramid yang terkenal di Mesir Piramid Giza yang berusia 2850 SM. Pemerintah Indonesia membentuk tim yang dipimpin Arkeolog dari Universitas Indonesia Prof. Theo Wirawan dengan dibantu oleh asistennya Dr Arni Kumalasari untuk menyelediki keberadaan Piramid Gunung Padang beserta sejarah yang melingkupinya.

Proyek eksvakasi ini memakan korban yang tidak sedikit. Prof Theo Wirawan yang menjadi korban pertama meninggal secara mendadak di tempat eksvakasi tersebut, disusul wartawan dan sahabat Arni yang tergabung dalam tim tersebut. Sepeninggal Prof. Theo Wirawan, proyek eksvakasi diserahkan sepenuhnya kepada Dr Arni Kumalasari. Seorang Arkelolog cantik yang masih muda dan sangat cerdas. Sebagai seorang ilmuwan yang mengandalkan logika berpikir dalam segala tindakannya, menghadapi tragedi yang berturut-turut terjadi dalam proyek ini, akhirnya mulai berfikir ulang tentang analisa saintisnya. Hingga dipertemukan dengan Tomo (Wartawan Majalah Ghoib) dan Guntur (Paranorma terkenal yang sering muncul di TV)

Arni bekerjasama dengan Guntur dan Tomo untuk menyelediki penyebab kematian Prof Theo, sahabat dan wartawan yang meninggal secara mendadak sekaligus menguak apa yang tersimpan dalam Piramid Gunung Padang. Dengan kepiawaian masing-masing, mereka bertiga mencari informasi yang berhubungan dengan piramida gunung Padang. Arni dengan ilmu Arkeolognya mempelajari manuskrip kuno dan data yang ditinggalkan Prof Theo Wirawan, Guntur sebagai seorang Paranormal meminta bantuan gurunya dengan ritual semedi dan Tomo dengan insting wartawannya yang tajam mencari informasi dari berbagai sumber.

Dapatkah mereka bertiga menguak tabir misteri yang meliputi Piramida Gunung Padang??

Sepanjang membaca novel ini, banyak pengetahuan sejarah yang dapat kita peroleh. Selama ini saya hanya mengenal Piramida Giza di Mesir, dan siapa menyangka hampir setiap negara mempunyai piramida. Di Mesir saja ada banyak aneka piramida; Khufu, Mastaba of Faraon, Khafre, Djedefre, dsb. Di Cina ada 38 piramida, Afrika ada 220, begitu juga di Itali, Persia dan Indonesia. Begitu maju peradaban dunia saat itu, dari berbagai negara dapat membuat satu bangunan yang sama bentuknya, termasuk Indonesia. Jadi seharusnya Indonesia tidak perlu rendah diri, karena nenek moyang kita juga mempunyai kebudayaan yang maju, bahkan menjadi pioner . Salah satu buktinya Piramida Gunung Padang yang diduga menjadi piramida tertua di dunia

Bukan hanya unsur sejarah dalam novel ini, saya cukup tersentuh dengan Tomo yang sangat menyayangi putrinya,Lila, meskipun dia sudah bercerai dengan Vero. Tetapi mereka berdua masih berhubungan baik demi anaknya. Dan inilah salah satu hal yang membuat Tomo selalu bersemangat hidup.

Dari novel ini juga kita dapat mengambil pelajaran hidup, bahwa kita hidup didunia, pada akhirnya akan kembali dengan tidak membawa apa-apa. Meskipun kita mempunyai ketiga hal yang dicari umat manusia, harta, kekuasaan dan ilmu pengetahuan, hanya amal ibadahlah yang akan menemani kita di hari akhir.

Tanpa Cinta…ngga ada masa depan untuk manusia (hal : 251)

Novel ini sangat recomended, untuk yang menyukai sejarah, bercampur legenda, mistis dan diselingi dengan petualangan yang menegangkan.

Selamat Membaca…

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Penerbit Grasindo, Review Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s