Launching 30 Paspor : The Peackeeper’s Journey

30paspor.jpg

Hai Book Lover…

Hari Kamis, 23 Maret 2017, saya berkesempatan mengikuti launching Buku ketiga dari 30 Paspor, yang ditulis J.S Khairen yaitu 30 PASPOR : The Peacekeepers Journey di Perpustakaan Universitas Indonesia.

Sebenarnya saya tidak merencanakan akan menghadiri launching ini, mengingat pelaksanaanya di hari kerja. Tetapi secara kebetulan hari tersebut saya ada tugas keluar, dan berdekatan dengan kampus UI Depok. Setelah pekerjaan saya selesai saya langsung meluncur ke lokasi.

Dan ini adalah pertama kalinya memasuki area kampus Universitas Indonesia, yah..saya sudah 12 tahun tinggal di Jakarta dan baru menginjakkan kakinya di kampus kuning ini . Begitu saya memasuki kampus ini….

Saya menyesal kenapa, saat kuliah dulu tidak mendaftar disini..#eh, belum tentu diterima juga yaa:).  Suasana kampus ini sangat mendukung untuk menimba ilmu, udara yang sejuk, pepohonan di sepanjang jalan dan danau yang makin melengkapi kenyamanan kampus ini. Saya yakin mahasiswa akan betah berlama-lama di kampus ini…(eh,bukan berarti lama lulusnya)

wp-image-582738526jpeg.jpeg

Danau di depan Masjid Kampus UI

Saat saya memasuki kawasan Masjid, untuk sholat dhuhur saya makin terpesona dengan kesyahduan Masjid ini . Meskipun saat itu siang hari, tetapi suasana temaram seperti sore atau menjelang malam hari, di dalam Masjid bahkan lampu-lampu juga sudah dinyalakan. Tempat yang sangat mendukung untuk khusyuk beribadah, jauh dari hiruk-pikuk dunia luar.

Sebenarnya saya ingin berlama-lama di Kampus ini, terutama saya penasaran dengan Perpustakaannya. Saya belum sempat masuk ke perpustakaan, karena waktu yang terbatas. Bahkan acara belum selesai saya harus meninggalkan tempat ini, tugas sudah menungguku di kantor . Mungkin lain kali saya akan berkeliling lebih lama dan melihat-lihat koleksi buku di Perpustakaan

Oke..itu kesan pertama saya pertama kali memasuki kawasan kampus Universitas Indonesia. Sekarang saya mau cerita launching buku 30 Paspor : The Peacekeeper Journey. Launching yang dilaksanakan di Aula Terapung Perpustakaan UI, ini dilaksanakan dalam serangkaian acara Hari ulang tahun perpustakaan UI. Selamat Ulang tahun…semoga makin sukses dalam memajukan literasi bangsa . Acara dibuka oleh dua host kece yaitu Jombang dan temannya (maaf lupa namanya  …). Saya baru tahu ternyata JS Khairien itu panggilannya Jombang, dan mereka masih anak muda lho…kerrenn…saya bangga sama pemuda seperti ini yang sudah menghasilkan karya yang fenomenal 🙂

wp-image-1891744528jpeg.jpeg

Host dan beberapa penulis buku

Acara ini juga di hadiri Prof.Rhenald Kasali, sebagai professor yang mengajar mahasiswa Fakultas Ekonomi UI dalam kelas pemasaran Internasional.  Seperti kita ketahui, buku 30 Paspor ini yang sudah terbit sampai jilid 3 ini mengisahkan perjalanan mahasiswa Prof.Rhenald Kasali ke berbagai negara dengan mandiri, baik biaya, transportasi maupun akomodasi. Buku ketiga ini cukup istimewa, karena program kali ini tidak hanya sekedar jalan-jalan atau kesasar, tetapi mahasiswa diharuskan menjadi volunteer atau melakukan kegiatan sosial di tempat tersebut, dan di buku ini semua akan dikisahkan…

Prof.Rhenald Kasali  memberikan sambutan

Dalam sambutannya yang singkat Prof.Rhenald menjelaskan bahwa ada tiga episode waktu,yaitu past, present dan the future. Masalalu yang akan menjadi beban, harus di hancurkan, kita harus mempersiapkan generasi pemimpin untuk masa depan, bukan masa sekarang. Pada kenyataanya kita masih hidup dengan produk produk masa lalu, contohnya produk hukum lalu lintas, yang digunakan saat ini adalah praduk masa lalu, sebagai contoh jika ada mobil smart car (mobil canggih berteknologi tinggi karena dijalankan secara otomastis tanpa pengemudi) yang sudah ada di Singapura, tidak dapat berlaku di Indonesia, karena hukum Lalu lintas, mobil harus ada pengemudinya..Buku 30 Paspor ini berisi hal-hal untuk mempersiapkan masa depan.

Konsep kesasar sebenarnya melatih keluar dari zona nyaman, dari situasi uncertain, unclear and unseattle. Ini adalah salah satu produk yang berpikir masa depan. Setiap hari kita harus mengcreate hal baru. Menarik sekali sambutan yang disampaikan Prof.Rhenald Kasali, meskipun sebentar tetapi mampu membuka wawasan kita, tentang cara pandang hidup ini agar lebih baik di masa depan.

Setelah sambutan dan sekaligus launching buku 30 Paspor: The Peacekeeper Journey   Prof.Rhenald Kasalli meninggalkan tempat acara. Dan saya terlewat minta tanda tangan Beliau di buku ini..hiks..

Acara dilanjutkan dengan bincang-bincang para penulis, yang berjumlah 30 orang, tetapi tidak semua dihadirkan. Beberapa penulis sharing tentang suka dukanya di negara yang mereka kunjungi. Menarik sekali lho….Untuk lebih detailnya ada di buku ini.

Kalian harus baca buku yang recomended ini, kalau belum punya segera beli yaa…he..he..tetapi saya bekerjasama dengan penerbit  akan memberikan satu buku gratis buat kalian yang beruntung..

Nantikan Giveawaynya bulan April …pantengin terus blog ini yaa 🙂

Dont miss it

 

 

 

 

1 Komentar

Filed under Event Buku, Non Fiksi, Penerbit Noura Books

One response to “Launching 30 Paspor : The Peackeeper’s Journey

  1. Ping-balik: (Blogtour-Giveaway) 30 PASPOR : The Peacekeepers’ Journey | jendeladuniaku2015

Tinggalkan Balasan

