Dark Memory :Menyingkap Tabir Gelap Masa Lalu

Judul Buku : Dark Memory
Penulis :Jack Lance

Pengalih Bahasa: Tika Sofyan
Penyunting: Deesis Edith Mesiani
Penerbit : Bhuana Sastra (Imprint dari Penerbit Bhuana Ilmu Populer)
Cetakan I : 5 Desember 2016
ISBN : 978-602-394-368-5
Halaman :338 hal

Blurb

Monster itu merentangkan sayapnya. Mengangkat tubuhnya dan terbang. Ia menjadi mangsa makhluk itu; ia diambil oleh kekuatan gelap. Semakin tinggi, semakin tinggi lagi ia berada di langit gelap. Ia mengira monster itu akan membawanya keluar dunia dan masuk ke dalam tempat persembunyiannya, ke dalam sarangnya, di mana tulang-tulangnya akan membusuk di antara sisa-sisa mangsa lainnya.

Rachel Saunders menghadiri pemakaman Jenny Dougal, sahabat baiknya yang meninggal karena kecelakaan tragis. Namun tak lama setelah pemakaman, ia sendiri menghilang secara misterius. Hal ini membuat khawatir Jonathan Lauder, kekasih Rachel, yang langsung terbang ke skotlandia untuk mencari kekasihnya.

Tiga hari kemudian, Rachel muncul kembali secara misterius. Tetapi, ia mengalami amnesia jangka pendek dan tidak bisa mengingat apa pun selama tiga hari sebelumnya, hingga minggu-minggu terakhir sebelum dirinya menghilang. Namun satu hal yang ia yakini, Jenny belum meninggal. Sahabatnya itu masih hidup. Ia ada di suatu tempat, dan Rachel merasa harus segera menemukan dan menolongnya, sebelum terlambat!

Jonathan dan Rachel berusaha mencari tahu dan merekonstruksi hari-hari saat Rachel menghilang, demi mencari kebenaran mengenai Jenny, dan mencari penyebab Rachel kehilangan ingatannya.

Namun apa yang Rachel temukan adalah teror yang menakutkan. Satu-satunya jalan untuk bertahan hidup, dan mungkin untuk menyelamatkan Jenny adalah dengan menyingkap tabir gelap masa lalunya….

Kisah ini diawali dengan Rachel yang terbangun di tengah hutan dengan merasakan sakit di bagian kepala dan tidak dapat mengingat siapa dirinya serta apa yang terjadi. Rachel mengalami amnesia, dan ditemukan oleh pengendara mobil yang bernama Stephen Mackenzie, yang kemudian dibawa ke rumahnya untuk di rawat.

Ingatan memperindah hidup, tetapi hanya lupa yang membuat kita ingat- Enrico Cialdini

Disisi lain Jonathan, kekasih Rachel mengalami kebingungan dengan menghilangnya Rachel selama 3 hari . Jonathan mencarinya ke Skotlandia, tempat Rachel terakhir kali kesana mengunjungi pemakaman sahabatnya Jenny Dougal, sebelum menghilang tanpa kabar.Sesampainya di Skotlandia, mendadak Jonathan menerima telepon dari Rachel dan memberitahukan tempatnya berada. Jonathan terkejut mengetahui Rachel mengalami amnesia jangka pendek, ia tidak dapat mengingat sama sekali peristiwa yang terjadi dalam beberapa hari sebelumnya.Bahkan Jonathan tidak percaya saat Rachel mengungkapkan bahwa kemungkinan kejadian yang menimpa dirinya ada hubungannya dengan Jenny Dougal. Rachel berniat menyelidiki kematian Jenny, ia percaya bahwa Jenny masih hidup dan ada di suatu tempat,harus segera di tolong sebelum terlambat.

Rachel mulai menyelidiki orang-orang yang berhubungan dengan dirinya dan Jenny Dougal. Meskipun masih sangsi dengan keyakinan  Rachel, bahwa sahabatnya masih hidup, Jonathan dengan setia tetap membantu dan mencari informasi yang diperlukan Rachel.Ada beberapa nama yang perlu di minta informasinya yaitu :

  • Elizabet Craig ; Bibi Rachel
  • Lorene; pemilik penginapan tempat Rachel menginap di Skotlandia
  • Grace Dougal ; ibu jenny Dougal
  • Charlie ; Rekan kerja Jenny Dougal
  • Paula Decker; Gadis yg dikabarkan menghilang dan Jenny dougal menyelidiki kasus  ini
  • Roy-Frences Decker; Orangtua Paula Decker
  • John Collin; saksi kematian Paula Decker
  • Graeme Horne ; pasien RSJ yang terobsesi pada Paula Deckers
  • Lester cumming; mantan kekasih Jenny Dougal

Ada banyak nama dalam penyelidikan ini, semuanya saling melengkapi informasi yang diperlukan Rachel. Rachel dan Jonathan berusaha menyatukan kepingan-kepingan cerita dari informasi yang diterima. Dapatkan Rachel menemukan kembali ingatanya yang hilang selama beberapa hari ?? Mengapa Rachel dapat mengingat kenangan saat kecil, tetapi tidak dapat mengingat peristiwa beberapa minggu sampai  tiga hari sebelumnya?? Dan apakah Jenny Dougal sebenarnya masih hidup??

Pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab setelah membaca novel ini sampai selesai. Ini adalah novel pertama yang kubaca dari karya penulis asal Belanda ini. Ada 2 novel yang telah diterjemahkan di Indonesia, novel yang pertama berjudul The Day You Die . Genre yang ditulis masih sama yaitu thriller. Jack Lance ini sepertinya spesialisasi novel thriller, sehingga dijuluki Stephen King nya Belanda

Sebagai penggemar romance, yang jarang membaca novel thriller atau misteri, saya sangat menikmati cerita ini, bahkan saya tidak meletakan buku ini sampai huruf terakhir. Plot yang ditulis sungguh mengejutkan, kita terbawa dalam cerita tersebut. Bahkan tanpa sadar ikut merasakan ketakutan dan kegelisahan yang dialami Rachel. Kisah yang dibawakan oleh masing-masing karakter, membuat pembaca penasaran. Penulis juga meemberikan selingan flashback pada beberapa bagian cerita . Bagi penggemar cerita misteri atau detektif, cerita ini sangat menarik. Saya sempat dibuat terkejut dengan ending cerita ini, yang diluar perkiraanku

Meskipun cerita thriller tetapi ada banyak unsur romance yang melengkapi cerita ini. Perasaan Jonathan terhadap Rachel, ia mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan Rachel. Gadis manapun akan meleleh melihat pengorbanan Jonathan. Bahkan Jonathan selalu sabar menghadapi Rachel yang belum berpikir serius tentang hubungan mereka.

Buku yang mengambil tema cerita misteri dan fantasi ini, juga mengandung pesan moral yang perlu kita renungkan. Bahwa masa lalu, tidak perlu diingat kembali biarkan ia tetap di belakang, teruslah memandang ke depan, karena kita hidup untuk masa depan. Jadikan masa lalu untuk membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Apa itu kesadaran? Di mana batas antara mimpi dan kenyataan? Tanpa disadari, batas itu sudah kau lewati. Kau meninggalkan dunia lain di belakangmu. Kau menjadi sadar akan sekelilingmu dan dirimu sendiri (hal :338)

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Buntelan, Horor, Novel Terjemahan, Penerbit BIP, Review Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s