SPY in LOVE

Judul Buku :SPY in LOVE
Penulis : Dwitasari
Penyunting: Dila Maretihaqsari
Penerbit : PT.Bentang Pustaka
Cetakan I : Agustus 2016
ISBN :978-602-291-252-1
Halaman : 174 hal

Blurb

Hotel di tepi pantai Pulau Penang! Aku tak sabar memulai hidup baru bekerja di hotel impian. Ternyata Tuhan masih sayang kepadaku, setelah beberapa waktu lalu memberikan ujian yang kukira tak akan bisa terlewati. Eh, atau memang belum terlewati? Coba, siapa yang tidak putus asa jika ditinggal menikah kekasih dengan teman sendiri?

Dan, di sinilah aku sekarang. Berharap angin laut Penang bisa menerbangkan sisa patah hatiku. Tapi, belum apa-apa, aku sudah terlibat lagi dengan urusan laki-laki! Putra, lelaki itu sebenarnya menarik, tapi ia terus berada di dekatku seperti seorang penguntit. Ia juga sering memergokiku dalam keadaan yang memalukan. Apa yang diinginkannya dariku?

Ish, aku harus berhati-hati agar tidak selalu berurusan dengannya, apalagi sampai jatuh cinta. Eh, kenapa aku sampai berpikir begitu? Tidak, tidak! Ah, pokoknya aku tak mau jatuh untuk kali kedua!

Ini adalah salah satu novel terbaru karya Dwitasari, selain novel Promise. Sebenarnya saya secara tidak sengaja membeli novel ini, saat itu tanggal 14 Agustus sedang jalan di toko buku dan melihat poster bahwa hari itu jam 11 siang ada press conference peluncuran novel Spy in Love sekaligus launching triller filmnya. Dengan dihadiri penulis dan sejumlah pemain,produser serta sutradara. Akhirnya saya mengikuti acara tersebut sekaligus membeli novelnya. Dan untuk pertama kali bertemu langsung Dwitasari yang ternyata masih imut banget, baru umur 21 tahun lho…tetapi sudah banyak menghasilkan buku dan beberapa di antaranya sudah di filmkan.

Pada awalnya, saya mengira buku ini telah di adaptasi kedalam sebuah film, tetapi ternyata terbalik. Buku ini diadaptasi dari skenario filmnya, jadi sudah dibuat dulu filmnya, meskipun baru tayang nanti tangggal 29 September, baru kemudian ditulis bukunya. Dan kenapa Dwitasari yang dipilih menulis buku ini yaa? berdasarkan wawancara dengan sutradaranya, katanya karena untuk menulis buku ini diperlukan penulis yang baper-an. Ow…ow..begitu, padahal menurut saya buku ini ga baper-baper amat yaa…:)

Kisah Spy in Love ini terinspirasi dari kecelakaan pesawat Malaysia beberapa tahun lalu. Berlatar belakang kota Penang, diduga pesawat tersebut jatuh di kota ini. Adalah Putra Nusantara, salah satu korban yang kedua orangtuanya meninggal dalam kecelakaan tersebut. Putra dibesarkan oleh kakeknya Satria yang mantan agen rahasia Indonesia yang sekarang lebih memilih menjadi tenaga pengajar di sebuah universitas. Putra memilih sebuah pekerjaan menjadi manajer hotel di Penang, dibandingkan menjadi agen rahasia seperti kakeknya, meskipun menyandang gelar S3 ilmu Politik dari luar negeri

Novel ini dimulai dengan perdebatan kecil antara Putra dan kakeknya tentang keputusannya bekerja di Penang. Sedangkan Kakeknya menginginkan tetap di Indonesia. Di sisi lain Jasmin sedang patah hati, karena kekasihnya tiba-tiba memutuskan hubungan sepihak, dengan alasan lebih memilih gadis se suku nya pilihan dari orangtuanya.

Melupakan bukanlah perkara mudah karena dalam proses melupakanmu kamu harus melewati proses mengikhlaskan. Dan, mengikhlaskan yang pernah tergenggam bukanlah hal yang mudah (hal:16)

Putra dan Jasmin akhirnya bertemu di Penang, yang secara kebetulan mereka bekerja di tempat yang sama, sebagai Manajer Hotel dan Jasmine di bagian Wedding Organizing. Pertemuan awal yang tidak menyenangkan tersebut, lambat laun menimbulkan benih-benih cinta di antara mereka berdua. Jasmine yang pada mulanya tidak dapat melupakan sakit hatinya terhadap mantan kekasihnya, tetapi Putra mampu menghibur dan mengobatinya

Kisah cinta keduanya mulai mendapat tantangan dari ibu nya Jasmine dan Kakek Putra yang tidak setuju dengan hubungan mereka. Ibunya Jasmine dan Kakek Putra keduanya bertemu di Hotel dan terjadilah beberapa peristiwa yang membuka misteri kecelakaan pesawat Malaysia . Dan peristiwa ini juga yang membuka sosok Putra yang sebenarnya, yang selama ini tidak diketahui Jasmine. Akankah Jasmine menerima Putra apa adanya ?? Apakah kisah cinta mereka di setujui oleh keluarga masing-masing??

Penasaran baca sendiri bukunya dan tonton filmnya nanti mulai tanggal 29 September 2016 di Bioskup kesayangan ..he..he..

Pada awal buku ini, penulis secara bergantian menggunakan Pov Putra dan Yasmin . Tetapi pada bab ketiga dan selanjutnya penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga. Dalam dua bab pertama penulis sengaja mengenalkan karakter putra dan Yasmin, sebagai tokoh utama dalam buku ini.

Disetiap awal bab penulis selalu memberikan quote-quote yang cukup mewakili isinya. Meski saya sudah dapat menebak endingnya,tetapi setidaknya saya sedikit menikmati konflik-konflik di dalamnya. Setelah selesai membaca buku ini, seperti ada yang kurang, tidak sesuai ekpetasiku dengan judulnya “Spy in Love”. Tokoh -tokoh Spy ini menurutku kurang greget, saya sudah membayangkan seperti di film-film yang full action dan jiwa romance nya tidak terlalu menonjol seperti di buku ini. Demikian juga jalan ceritanya kurang “misterius” sebagai salah satu ciri khas “spy” yang kukenal.

Tetapi saya menyukai novel ini, meskipun diceritakan di Penang, beserta tokoh cerita juga berasal dari Penang, bahasa yang digunakan penulis menggunakan bahas Indonesia, bukan bahasa Melayu. Hanya beberapa kalimat saja. Salut sama penulisnya yang cinta bahasa sendiri 🙂

Dan setelah keluar trailernya saya penasaran untuk menonton, meskipun saya mengambil resiko kecewa ketika filmnya tidak sesuai dengan di buku. Tetapi saya berharap filmnya justru lebih baik atau minimal sama menariknya dengan bukunya.

Cinta selalu membuka jalan jika kamu tahu caranya untuk memperjuangkan (hal: 54)

Setiap awal, butuh akhir. Dan setiap perjalanan butuh perhatian. Apakah kamu adalah perhatianku setelah aku lelah berlari ?( hal:166)

Ini beberapa gambar waktu launching poster filmnya di Gramedia Matraman

Iklan

1 Komentar

Filed under Dalam Negeri, Penerbit Bentang Pustaka, Review Buku

One response to “SPY in LOVE

  1. Ping-balik: (Wrap Up Post) IRRC 2016 Januari – November 2016 | jendeladuniaku2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s