Il Tiramisu

il tiramisuBERDAMAI DENGAN KENANGAN MASA LALU

Judul Buku :Il Tiramisu
Penulis : Dylunaly
Perancang & Ilustasi Sampul : Nocturvis
Penerbit :PT.Bentang Pustaka
Cetakan I : April 2016
ISBN : 978-602-291-174-6
Halaman :334 hal

Rate : 4 off 5 star

Tiramisu itu manis, tapi juga ada rasa pahitnya. Sama juga kaya cinta. Nggak peduli semanis apapun kisah cinta kita, pasti ada bagian pahitnya. Gitu juga sebaliknya. Mau sepahit apapun cinta kita, mau sebanyak apapun cobaanya, kalau kita nggak pernah nyerah, kita pasti bakal nemuin manisnya” (hal : 220)

Masa lalu memang tidak bisa mendefinisikan siapa kamu. Tapi, masa lalu itu nggak pernah bisa dibuang. Daripada kamu menghabiskan tenaga untuk membuangnya, kenapa tenaga itu ngga kamu pakai untuk menerimanya? (hal:242)

Blurb


Gytha terpaksa menerima tawaran kerja sebagai host chef di salah satu acara televisi. Ia memenuhi utang budi kepada teman lama meski sebenarnya tidak yakin bisa melakukannya. Ditambah lagi Gytha tidak sendiri. Executive Chef di Olive Garden itu akan menjadi host bersama Wisnu, seorang penyanyi yang sedang naik daun.

Meski rupawan dan mutlak digandrungi para wanita, pria itu memberi kesan pertama yang buruk kepada Gytha. Wisnu Kanigara, tidak lebih dari seorang selebritas yang angkuh dan menyebalkan. Lebih menyebalkan lagi karena mereka harus sering bersama dan terlihat akrab.

Sejak itu, kehidupan Gytha tidak lagi tenang. Ia menjadi incaran media gosip Tanah Air yang haus berita akan kedekatannya dengan Wisnu. Media terus berusaha mengorek apa pun tentangnya. sampai-sampai hal yang paling dirahasiakan Gytha, tentang masa lalu kelamnya, berhasil diungkap media. Gytha sungguh menyesali keputusannya mengambil pekerjaan ini. Ia menyesal mengenal Wisnu. Ia juga menyesal telah terjebak dalam rasa yang tak seharusnya ia simpan untuk pria itu


Ini adalah novel kedua Dylunaly yang kubaca setelah  MY WEDDING DRESS .
Saya langsung tertarik untuk PO saat penulis menginformasikan novel terbarunya. Novel kategori #Yummylit ini, (baru saya tahu ada genre seperti ini) merupakan salah satu dari 3 novel seri yummylit yaitu Il Tiramisu (Dylunaly), Strawberry Cheese Cake (Ayu widya) dan Deessert (Elsa Puspita). Kalau dari judul dan cover bukunya memang menggiurkan, kalau lagi puasa bisa ngiler kali he..he..Mungkin karena inilah disebut yummylit.

Novel yang mengambil latar belakang profesi artis dan chef ini menurutku cukup menarik. Kisah tentang seorang artis mungkin sudah biasa menjadi tema novel-novel lainnya, tetapi menurutku yang ini berbeda. Penulis menceritakan sisi lainnya yang kita ga nyangka akan banyak kejutan di dalamnya.

Adalah Wisnu Kanigara seorang artis yang yang terkenal karena lagu-lagunya yang selalu hits, ditunjang dengan wajah rupawan, meski terkesan misterius karena jarang tersenyum di depan kamera atau para fans nya. Saya suka saat penulis juga menuliskan komunitas penggemar Wisnu Kanigara dengan sebutan  “Winners” ini  benar-benar membuktikan bahwa penulis tidak setengah-setengah dalam mendeskripsikan tokoh-tokohnya.

Gytha Syareefa Thaheer adalah seorang Executive Chef di Olive Garden, sebuah restoran spesialis makanan Italia. Bersama dengan sahabatnya Arianne dan David mengelola restoran ini. Gyta sebenarnya mempunyai mimpi untuk memiliki restoran sendiri di suatu tempat di deket pantai yang menurutnya sangat representative.

Dalam acara Celebrity Chef di Televisi Wisnu dan Gyta dipertemukan, Gyta bersedia tampil di acara tersebut karena diminta temannya saat sekolah yang pernah membantu Gyta. Awal pertemuan Gyta dengan Wisnu tidak menyenangkan, di mata Gyta, Wisnu adalah laki-laki yang angkuh dan menyebalkan. Tetapi sebenarnya di lubuk hati mereka, tidak dapat berbohong bahwa mereka tertarik satu sama lain.

Saat mulai membaca saya sempat asing dengan istilah menu makan Italia, atau percakapan dalam bahasa Italia antara Gyta dengan Ernest. Saya suka dengan tokoh Ernest…kupikir tadinya Ernest mempunyai hubungan spesial dengan Gyta. Dan ternyata saya tertipu he..he.. Kayanya penulis perlu membuat cerita khusus tentang Ernest ini deh.

Hubungan antara Gyta dan Wisnu, yang awalnya dingin perlahan mulai mencair, saat Wisnu mulai membantu Gyta siaran live Celebrity Chef. Dan perlahan keduanya mengungkapkan perasaan masing-masing. Tetapi mengingat reputasi Wisnu sebagai artis, hubungan mereka harus disembunyikan dari media. Hingga suatu ketika media tahu tentang masalalu Gyta yang telah dikubur dalam-dalam. Gyta menjadi sasaran media yang penasaran dengan status Gyta yang telah mempunyai anak, padahal belum pernah menikah

Kenangan adalah campuran dari berkah dan kutukan, tidak ada yang tahu apa yang kamu dapatkan ketika mengingatnya (hal:144)

Ngga ada hidup yang mulus dan gampang karena perjuangan itu satu-satunya bukti bahwa kita hidup (hal:95)

Kita kayaknya merdeka, tapi sebenarnya terikat sama benang yang nggak kelihatan: takdir. Konyolnya takdir itu seringkali bikin kita muter di tempat (hal:132)

Saya banyak dikejutkan dalam novel ini, dari mulai Gyta yang mempunyai anak yang bernama Nakhla, Wisnu yang ternyata mempunyai nama panggilan lain atau tentang Ernest yang selalu mensupport Gyta. Meskipun endingnya saya sudah dapat menebak, tetapi konflik-konflik yang diciptakan penulis cukup membuatku terus ketagihan membacanya sampai tuntas.

Saya juga suka dengan gaya penulis yang mendeskripsikan tokohnya secara detail atau saat mengekspresikan sesuatu, misalnya :

Dia juga suka memperhatikan bibir Gyta yang begitu ekspresif menujukkan suasana hatinya. Menggigit bibir berarti kesal, mengerucutkannya ketika sedang konsentrasi dan menjilat lalu menggigit sudut bibir saat sedang berpikir ragu (hal:143)

Banyak pelajaran yang dapat kupetik dari novel ini, tentang bagaimana kita tidak boleh menjudge orang hanya dengan melihat tampang fisiknya saya, bagaimana kita menghadapi masa lalu yang tidak kita inginkan yang telah terjadi. Dan yang pasti pengetahuan saya tentang makanan Italia bertambah, karena penulis membuat ilustrasi gambanya beserta nama makanan dan komposisinya. Salah satu ciri khas Dylunaly yang kutahu, selalu ada ilustrasi gambar dalam setiap novelnya

Jadi menurut saya novel ini sangat recomended terutama kalian yang mempunyai kenangan masa lalu yang menghantui kehidupan kalian. #hantu..? ko jadi serem ya 🙂 Yang jelas saya jadi penasaran untuk membaca serial yummylit yang lain

Qoute penutup

MASA LALU SAYA MEMANG TIDAK AKAN PERNAH BISA BERUBAH, TAPI SAYA SENDIRI YANG AKAN MENENTUKAN MASA DEPAN SAYA  (hal :248)

Nah penasaran dengan buku ini kan…? yuk langsung cuss ke Toko Bukupedia , caranya juga gampang, tidak harus antri parkir atau kepanasan, kehujanan…tinggal klik , transfer Rp 59.000..Buku sudah di tangan deh 🙂

 

Iklan

3 Komentar

Filed under Penerbit Bentang Pustaka, Review Buku

3 responses to “Il Tiramisu

  1. Wah, yang ini kayaknya seru banget, ya. Banyak konflik gitu, ya, Mbak? Jadi pengen baca 🙂

    Suka

  2. Ping-balik: (Wrap Up Post) IRRC 2016 Januari – November 2016 | jendeladuniaku2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s