(Review) To Be With You

to be with you

SETELAH KESEDIHAN ADA KEBAHAGIAAN MENANTI

Judul Buku : To Be With You
Penulis : Indah Hanaco
Editor : Afrianty P.Pardede
Penerbit :PT. Elex Media Komputindo
Cetakan I : 2016
ISBN : 978-602-02-8244-2
Halaman : 397 hal

Harga : Rp 77.800 (Toko Bukupedia )

Rate : 4 off 5 star

To be With You….seperti judul lagu yaa…memang sepertinya penulis terinspirasi lagu Mr Big ini, dibagian awal buku ini ada lirik lagu To Be With You dari Mr Big. Dan sesaat sebelum meneruskan membaca, saya mendengarkan lagunya.

Saat membaca prolog buku ini, saya langsung menyiapkan hati…cerita yang berkisah tentang patah hati, ini selalu menguras airmataku. Untungnya Mba Indah, Sang Penulis mampu meramu cerita ini, sehingga tidak hanya sedih, baper, tapi ada romantis dan lucunya juga.

Kisah yang di awali dengan patah hatinya Ludmilla Farani aka Mila, karena kekasihnya yang telah menjalani hubungan 3 tahun tiba-tiba memutuskan sebelah pihak tanpa alasan yang masuk akal. Meskipun akhirnya diketahui karena menikah dengan wanita lain dan karena uang, yang akhirnya makin membuat hatinya terluka dan tersakiti. Mila benar-benar merasakan hati yang “menyembilu”.Istilah baru yang ku kenal dari tulisan mba Indah (iih bergidik rasanya..ini bener sakit luar biasa kayanya)

Patah hati itu ternyata tidak menyakitkan. Jauh lebih parah dibanding itu, sebenarnya. Mirip hewan berbisa yang sengatannya meracuni hidup seseorang entah sampai kapan. (Pg : 55)

Hati manusia cuma satu. Tidak ada yang mampu mereparasi yang sudah rusak  (hal : 117)

Patah hati membuat Mila melakukan berbagai hal untuk melupakannya, termasuk bekerja lebih banyak dari hari biasanya untuk mengelola toko Cinta Cokelat. Toko Cokelat warisan dari ibu nya yang telah meninggal. Hidup Milla memang akrab dengan kesedihan, saat kecil orangtuanya berpisah. Dan setelah ibunya meninggal Milla hidup dengan kedua kakak laki-lakinya ,Stanley dan Edmund. Saat hatinya sedikit berbahagia karena mempunyai Hardy, tiba-tiba seketika harapannya harus terhempas.

Declan Eugene Arsjad, seorang aktivis lingkungan yang sering kali gagal dalam menjalani hubungan dengan perempuan, hingga sama Maxim saudaranya menjuluki Playboy. Padahal sebenarnya karena Declan lebih mencintai dunia aktivis. Itulah alasan berpisah dengan Ruth, Sang Mantan. Tetapi pertemuan tak di sengaja di Amsterdam dengan Ruth, menimbulkan kembali getar di hati Declan yang membuatnya kembali ke Indonesia untuk mendapatkan kembali Ruth.

Pertemuan Declan dan Mila di sebuah restoran, menjadi babak baru dalam cerita ini. Declan dan Mila sepakat bekerjasama untuk membantu Declan meraih kembali cinta lamanya yang belum kelar. Hubungan Declan-Mila makin hari terlihat akrab dan ada “chemistry” satu sama lain

Declan memenuhi syarat menjadi penggembira untuk hati yang sedang diamuk tornado (hal:173)

Aku patah hati dua kali, karena mantanku dan karena kamu. Sial, aku jatuh cinta padamu (hal :256)

Cinta tidak pernah sama kadarnya pada dua orang yang berbeda (hal:325)

Cinta semestinya tidak menuntut untuk melakukan seleksi. Cinta itu membebaskan (hal :09)

Jadi saya mau jujur….ini novel pertama Mba Indah yang kubaca …#langsung tutup muka….Maafkeun belum sempat baca yang lainnya,padahal banyak yang masuk whislistku , sebagian sudah ada di rak buku. Dan sebagai penikmat pertama, saya langsung jatuh cinta sama karya penulis kece ini. Tidak heran jika penyuka warna ungu ini telah banyak menerbitkan buku yang selalu laris dan menjadi inceran penikmat buku.

Dan dari pengamatan saya, ciri khas novel Mba Indah selalu berkaitan dengan deretan cogan #baca cowok ganteng dan profesi yang tidak biasa, seperti aktivis lingkungan. Hal terakhir inilah yang membuatku menjadi tertarik untuk membaca karya-karyanya yang lain.

Oke…kembali review novel To Be With You.

Buku setebal hampir 400 halaman ini, membuatku terus ketagihan untuk membacanya, jarang-jarang novel Romance Indonesia yang kubaca setebal ini. Penulis sangat piawai menghipnotis pembacanya dengan alur cerita dan gaya bahasa yang indah, sesuai nama penulisnya 🙂 . Tema patah hati dan cara move on ini menurutku cukup menarik untuk dibahas. Tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya juga sudah pas sesuai proporsinya, meskipun lebih banyak bagian Mila yang diceritakan di sini, karena memang Mila lah sang “broken hearth”

Selain karakter tokoh yang kuat, profesi yang digeluti tokoh utama juga menarik. Ini menjadi poin plus lagi. Saya harus berterima kasih sama penulis ini, karena dari novel to be with you jadi tahu apa itu praline, trufle bahkan resep Sacher Torte, yang tadinya asing di telinga. Saya sampai membayangkan, jangan-jangan mba Indah juga pernah jadi chief :). Apalagi saat membaca aktivitas Declan, ini sangat menginspirasi, siapa sangka hari gini masih ada anak muda yang menjadi sukarelawan mempertaruhkan nyawa untuk melindungi bumi ini. Saluut untuk tokoh Declan.

Penulisan novel ini juga nyaris tanpa cela, alur yang runtut memudahkan pembaca untuk menikmati keindahan novel ini. Saya hanya menemukan satu typo di novel ini yaitu pada halaman 68, saat Declan dan Sean makan di restoran. Di situ tertulis ” Stanley tergelak lagi”. Menurutku seharusnya “Sean tergelak lagi”. Btw ini tidak mengganggu dalam membacanya. Ada hikmahnya yang kupetik dari novel ini, bahwa janganlah kita terlalu terhanyut dalam kesedihan yang mendalam, yakinlah di setiap kejadian ada hikmah di dalamnya, dan setelah kesedihan akan datang kebahagiaan

Terima kasih buat penulis mba Indah Hanaco dan asistennya mba Rizky Mirgawati yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk ikut serta dalam #bacabareng #tobewithyou di twitter. Saya siap untuk diajak lagi  🙂

20160503_143836

 

Iklan

1 Komentar

Filed under Novel Drama, Penerbit Elex Media, Review Buku

One response to “(Review) To Be With You

  1. Ping-balik: (Wrap Up Post) IRRC 2016 Januari – November 2016 | jendeladuniaku2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s