Solusi Berkebun di Perkotaan : Rumah Organik

IMG_20151231_164438Judul buku : Rumah Organik

Penulis : Janti Wignjopranoto, Selamet Raharjo dan T.A Kuncoro

Penerbit : PT. AgroMedia Pustaka

ISBN :979-006-549-3

Cetakan pertama : 2015

Harga : Rp.59.000 (dapat dibeli di Agromedia )

 

“Banyak jalan menuju Roma”. Seperti istilah tersebut, banyak cara untuk mencapai hidup sehat. Salah satunya adalah selalu makan sayur dan buah secara rutin. Perlu diingat, buah dan sayur yang dimakan harus dalam kondisi segar dan bebas bahan kimia. Namun, bagaimana cara mudah mendapatkan buah dan sayuran segar dan bebas bahan kimia saat ini? Apa jaminannya buah dan sayuran yang dibeli bebas bahan kimia dan benar-benar segar?

Melalui buku ini, penulis memberikan salah satu jalan keluarnya, yakni memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk bertanam sayuran dan buah secara organik. Dilengkapi juga aneka resep mengolah hasil panen menjadi makanan yang lezat dan menyehatkan. Salam organik!

Apa yang disampaikan penulis melalui buku ini , memang sangat tepat. Bagi sebagian orang yang hidup di perkotaan, dimana lahan pertanian sangat terbatas, menyebabkan orang enggan untuk berkebun. Padahal banyak manfaat yang dapat diambil apabila kita berkebun di sekitar rumah. Selain rumah menjadi sejuk, asri, juga dapat menikmati sayuran yang langsung dikonsumsi segar dari kebun. Hal ini akan lebih menyehatkan dan tentunya ber hemat bukan …#biasa emak-emak ga jauh dari irit 🙂

Saya yang kebetulan baru pindah rumah dari yang dulu rumahnya ga ada space alias rumah sss (sangat susah selonjoran), sekarang ada sedikit space di teras maupun di dalam rumah.  Jadi rasanya tepat jika saya mulai berkebun…Lho berkebun di dalam rumah , emang bisa…?? bisa banget…iya istilahnya Rumah Organik. Nah ,membaca buku ini bisa segera langsung di praktikan. Buku ini memang cocok buat pemula seperti saya yang akan mulai berkebun

IMG_20160101_114348   IMG_20160101_203234IMG_20160101_114506

Buku ini berisi tentang cara-cara berkebun dengan memanfaatkan sudut rumah dari mulai jendela, pintu , rak , dapur sampai dengan atap rumah.  Dari mulai penyiapan lahan, pemilihan bibit atau jenis sayuran, menyemai , menanam sampai dengan perawatan serta memanen hasilnya, mengolah hasil panen.

Yang membuatku paling penasaran , cara menanam di atap rumah, kayanya saya belum bisa mempraktikan hal ini, Menurut buku ini jika atap akan dijadikan lahan berkebun perlu diperhatikan kekuatan pondasi bangunan, sirkulasi air, pemilihan jenis sayuran yang tepat, pengaruh musim dan cuaca. Jadi harus dipastikan pondasi bangunannya kokoh, drainasi airnya juga bagus. Tanaman yang cocok ditanam di atap, biasanya yang membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi seperti cabe, terung, jagung atau timun, tetapi boleh juga menanan jenis sayuran lainnya, asalkan diatur peletakan tanamannya.

Sudah bisa cara menanam dan menyemai benih, perlu juga tahu perawatannya , di buku ini juga dijelaskan cara merawat tanaman secara organik dari mulai penyiraman, pemupukan (dijelaskan juga cara membuat pupuk) sampai dengan pemangkasan. Di buku ini juga diberikan resep – resep sederhana dalam pengolahan hasil panen, seperti resep jus Detoks super hijau, Smoothie Lidah Buaya, Selai Markisa, Kaldu Sayur dsb.

Buku ini cukup lengkap untuk memulai berkebun dari rumah sendiri, jadi tidak ada istilah malas berkebun karena tidak punya lahan. Di sudut rumah manapun bisa di manfaatkan untuk berkebun. Saya recomended banget, untuk dibaca dan segera dipraktikan, cukup mudah karena disertai gambar-gambar yang bagus serta alur atau teknis yang runtut.

Terimakasih Agromedia dan BBI yang telah mempercayakan saya mereview buku ini.

Selamat Berkebun….

 

 

Iklan

2 Komentar

Filed under Buntelan BBI, Non Fiksi, Review Buku

2 responses to “Solusi Berkebun di Perkotaan : Rumah Organik

  1. Kayanya perlu deh buku ini. Jakarta padet banget

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s