the Bastard Legacy

bastardJudul Buku : The Bastard Legacy
WARISAN LEGENDARIS PARA BEDEBAH
Penulis       : Jounatan
Penyunting : Lis Sutinah
Penerbit      : Visimedia
ISBN           : 979-065-240-2
Kategori      : Non Fiksi/Misteri
Cetakan I    : 2015
Halaman     : 150 halaman

Blurb
Suatu hal atau benda yang melekat pada tindakan kejahatan seseorang merupakan saksi bisu yang diwariskan, yang dapat menelusuri jejak kejahatan para pelaku kriminal. Warisan itu merekam kejahatan dan memberi gambaran akan kepribadian pelaku kejahatan itu sendiri. Kita bisa mengenal sosok penjahat dari warisan yang ditinggalkannya. Dengan demikian, meskipun para bedebah ini merupakan penjahat besar pada masanya, mereka telah mewariskan sesuatu yang diabadikan oleh masyarakat dalam mengungkap fakta kriminal, yang bisa dijadikan pelajaran.
Apa saja sumbangsih para bedebah tersebut untuk masyarakat? Apakah warisan itu masih bertahan hingga kini? Lalu, bagaimana kisah di balik warisan para bedebah paling berpengaruh ini?

Ini buku ke-2 saya yang diperoleh dari Buntelan BBI. Dan buku pertama bergenre non fiksi /misteri yang saya baca , ini memang bukan salah satu genre favorite saya, sehingga perlu waktu dan kesempatan tersendiri untuk memulai dan meneruskan bacaan ini sampai selesai. Bahkan perlu penguatan hati ketika mulai membaca yang langsung bergidik ngeri dan sempat beberapa waktu berhenti mengumpulkan keberanian untuk akhirnya kembali meneruskan buku ini.
Ada 10 cerita “true criminal story” yang diceritakan penulis dan ini bukan hanya terjadi di luar negeri tetapi di Indonesia, 4 kisah dari 10 kisah terjadi di Indonesia…..di negeri yang kutinggali ini…sampai kupelototin daftar isinya..bener ga sih ini #lebay ya…
Dan sesaat saya memutar memory beberapa tahun lalu,pemberitaan –pemberitaan di TV tentang kisah-kisah ini, mungkin dulu saya tidak terlalu focus dengan pemberitaan criminal dan terkaget-kaget membaca detil berita tersebut di buku ini.
Ini Daftar 10 kisah criminal yang melegenda sebagai berikut :
1. Warisannya menjadi kunci teka-teki Jack the Ripper
2. Lukisan Gacy Paling dicari
3. Delphine dan Rumah Warisannya yang berhantu
4. Misteri Eddy Tansil dan Jurus Seribu Wajah
5. Kusni Kadut,Pejuang Kemerdekaan yang Terbuang
6. Belle dan Tabir Misteri yang diwariskannya
7. Rumah Jagal di Jombang
8. Laki-Laki Abu-Abu dan Pusaran Kekejaman
9. Saksi Bisu Ladang Tebu Berhantu
10. Legenda si Cantik dan Kolam Darah
Dari 10 kisah, yang bertuliskan merah terjadi di Indonesia. Saya tidak akan membahas semua kisah tersebut. Hanya 3 berdasarkan urutan kejahatan yang tersadis menurut saya, dan urutannya sebagai berikut :
1. Legenda si Cantik dan Kolam Darah
Kisah ini menurutku menempati posisi pertama, kejahatan yang tersadis. Bayangkan saja…wanita ini telah membunuh 650 orang dengan caranya yang sangat keji yang bisa dilakukan oleh manusia. Wanita itu adalah Elizabeth Bathory lahir di Hungaria tahun 1560, sekitar 100 tahun setelah Vlad Dracula meninggal..seorang manusia yang karena kekejamanya dijuluki drakula(penghisap darah). Dan menurutku wanita ini pantas dijuluki Ratu Drakula. Elizabeth , seorang wanita bangsawan kerajaan Hungaria,bahkan saudaranya menjadi Raja Polandia. Dia menikah dengan Count Ferencz Nadasdy,seorang bangsawan juga tetapi lebih rendah tingkatanya dengan Elizabeth. Mereka tinggal di Kastil Csejthe, Slovakia, sampai sekarang peninggalan kastil itu masih ada. Wanita yang terkenal akan kecantikanya di benua Eropa ternyata pemburu berdarah dingin, dia membunuh wanita-wanita muda menggantung tubuhnya di atas bak mandi dengan mengiris urat nadinya, hingga darah berceceran di bak mandi yang digunakan untuk mandi Elizabeth, dia percaya bahwa darah dari gadis-gadis dapat membuat awet muda dan kecantikannya tetap abadi. Sebuah pemikiran yang konyol, karena di dunia ini tidak ada yang abadi. Elizabeth sepeninggal suaminya mulai melancarkan aksi kejahatanya diawali dengan membunuh pembantu-pembantunya, setelah semua tewas, dia dibantu kepala pembantu pria mencari gadis – gadis muda di sekitar wilayahnya bahkan dari kalangan bangsawan juga dicarinya. Hingga akhirnya ada salah seorang korban yang berhasil melarikan diri dan menceritakan peristiwa tragis tersebut ke penduduk sekitar dan akhirnya Raja Hungaria mendengar, dan kemudian mengutus perdana menterinya,yang merupakan paman dari elizabeth untuk menangkap dan akhirnya meninggal di penjara. Kastil Csetjhe sampai sekarang masih ada dan merupakan salahsatu tempat yang horor, karena menurut beberapa orang yang berkunjung sering melihat hantu

2. Belle dan Tabir Misteri yang di wariskannya

Menempati urutan kedua, masih seorang perempuan sebagai penjahat yang terkeji. Belle Sorenson gunnes lahir di Norwegia pada tahun 1859. Belle menikah dengan Gunness Mads Albert Sorenson pada tahun 1884, 6 tahun kemudian suaminya meninggal karena gagal jantung. Dan sehari setelah dimakamkan, asuransinya jatuh ke tangan Belle

“Alih-alih berharap keluarganya meninggal agar bisa menikmati asuransinya,Bella justru membunuh orang-orang yang mencintainya demi mendapatkan klaim asuransinya” hanya orang yang otaknya sakit saja yang mengharapkan keluarganya cepat meninggal supaya dia bisa mendapatkan dan menikmati klaim asuransinya. Begitulah yang Belle lakukan, meskipun dikatakan bahwa suaminya meninggal karena gagal ginjal tetapi akhirnya diketahui belle meracuni. Setelah suaminya meninggal,dia mencari laki-laki lain yang mau menikah dengannya. Dan akhirnya kisahnya juga sama tidak berapa lama suami keduanya beserta anak angkatnya meninggal. Salah seorang tetangganya melihat Belle menyiksa anaknya dan membunuh kemudian menguburnya di belakang rumahnya. Tetapi Belle pandai menyembunyikan jejaknya, hingga salah seorang pembantunya melakukan pengakuan, bahwa dia membantu Belle malakukan pembunuhan terhadap keluarganya, dan ada makam di pekarangan belakang rumah . Akhirnya Polisi meyelediki kasus ini dan ternyata ada 42 kerangka manusia. Sementara Belle berhasil menghilangkan jejak dan tidak diketemukan sampai hari ini. Yang tertinggal bekas reruntuhan rumah Belle yang menjadi saksi bisau kekejaman seorang istri dan sekaligus ibu.

3. Jack The Ripper

Setelah 2 wanita yang menempati pertama dan kedua, yang ke-3 ini seorang laki-laki, Jack The Ripper sang pencabik, bahkan kisah ini telah difilmkan pada tahun 2001 yang berjudul From Hell dengan pemerannya Johny Deep. Kejahatan ini terjadi pada tahun 1888 di London. Korban dari Jack Ripper adalah PSK yang tinggal di sekitar pemukiman kumuh, sebelum meninggal korbannya di siksa dengan merobek organ dan mengambil dari tubuhnya. Pada masa itu terjadi kesulitan ekonomi sehingga banyak perampokan dan kejahatan yang terjadi.  Kejahatan Jack terus berlanjut dan polisi tidak dapat mengungkapkan siapa sebenarnya dia, bahkan menjadi misteri dan mitos belaka. hingga setelah 126 tahun kemudian teungkap bahwa Jack The Ripper adalah Aaron Kosminki

Saya sengaja tidak membahas yang di Indonesia karena menurutku, keempat kejadian tersebut belum lama terjadi dan mungkin ada yang mengetahui berita-berita tersebut. Dan rentang waktu yang jauh berbeda antara kejahatan di luar negeri dan di Indonesia ini menjadi pemikiranku, kenapa penulis mengambil setting dan waktu pada tahun 1800an yang terjadi di luar negeri sedangkan di Indonesia sebagian tahun 1900an bahkan ada yang baru terjadi tahun 2000an. Begitu juga sumber berita yang diambil semua media online, mungkin kalau ada yang dari buku akan lebih lengkap ya…Tetapi ku akui cukup menambah wawasan tentang kejahatan manusia ternyata ada di dunia ini, yang ku pikir hanya ada di film-film

“Pepatah mengatakan gajah mati meninggalkan gading,harimau mati meninggalkan belang,sedangkan manusia mati meninggalkan nama, artinya seorang manusia yang akan diingat adalah jasa-jasa atau kesalahanya. Perbuatan baik atau buruk akan tetap diingat meskipun sesorang telah tiada”

Jadi pilihan ada ditangan kita masing-masing, kenangan apa yang akan dikenang oleh orang-orang setelah kita meninggal ??

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Buntelan BBI, Horor, Non Fiksi, Review Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s