ALL YOU NEED IS LOVE

ALL YOU NEED IS LOVE

Judul Buku : ALL YOU NEED IS LOVE
Penulis         : FAKHRISINA AMALIA
Editor           : TRI SAPUTRA SAKTI
Penerbit       : GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA
ISBN             : 978-602-03-1803-5
Cetakan I     : JUNI 2015
Halaman      : 240 HALAMAN

“Karena tanpa cinta takkan ada lagi yang tersisa “

Ini adalah buku pertama yang kuperoleh dari Buntelan BBI, saya cukup surpraise dapat memperoleh buku ini mengingat belum lama bergabung dengan BBI. Sebelumnya saya tidak mengetahui karya-karya Fakhrisina atau Riris panggilannya dan ini karya pertama yang kubaca. Saya tertarik dengan buku ini pertama karena judulnya lumayan menarik, “All you Need is Love” romantis dan kupikir ini cerita tentang cinta sepasang remaja. Setelah kubaca sinopsis belakangnya, ini lebih dari itu.

Kisah ini berawal Katrina dan Aiden, sepasang kekasih yang sempat renggang, dikarenakan Aiden akan pergi kuliah ke London. Dan Katrina tidak menyetujui hal tersebut, dia tidak mau menjalani LDR, karena merasa tidak akan bisa melalui ini. Sebenarnya Katrina sempat trauma dengan masa lalunya, cinta pertama bersama Gio, yang minta berpisah karena merasa tidak sanggup menjalani cinta jarak jauh, hal ini membuat Katrina terluka, butuh beberapa waktu sampai bertemu dengan Aiden.

“If you can’t deal with your past, you can’t have your future” (pg:26)

Ketika merasa hubunganya dengan Aiden sudah berakhir, Katrina menyetujui ajakan keluarganya untuk pergi menengok neneknya  yang sakit di Skotlandia. Keluarga yang belum pernah dikunjungi Katrina. Dan cerita yang sebenarnya mulai berawal disini, yang mengungkap siapa sesungguhnya Katrina. Setting Skotlandia lumayan menambah wawasanku, termasuk, makanan, tempat-tempat wisata dan cerita legenda disana. Penulis lumayan detil menceritakan hal tersebut. Sesampainya di Skotlandia Katrina bertemu dengan keluarga besarnya, Nenek, Paman dan Bibi serta 2 saudara sepupu. Mac sepupu Katrina yang setampan Tom Cruise dan baik hati, berbeda dengan yang saudaranya Ista, kelihatan tidak suka dengan Katrina saat pertama kali bertemu.  Selama di Skotlandia, Mac selalu menemani Katrina, bahkan membelanya saat saudaranya Ista dan Katrina bertengkar. Di rumah Nenek Katrina (Granny) menempatkan Katrina pada kamar yang khusus, karena tidak sembarang orang dapat memasuki kamar tersebut. Tampaknya Granny mempunyai maksud khusus, kenapa Katrina yang boleh menempati kamar tersebut. Hingga suatu hari Katrina dan Mac menemukan kotak rahasia dibawah tempat tidur yang berisi sebuah lukisan tempat yang sangat indah.  Dan tampaknya ini berkaitan dengan rahasia Granny yang dipendam sendirian, rahasia yang juga mengungkap jati diri Katrina dan mamanya. Rahasia yang berkaitan dengan dongeng tentang kota Brigadoon

Brigadoon adalah sebuah kota yang sangat indah layaknya surga, letaknya tersembunyi di dalam hutan dan hanya muncul tiap 100 tahun sekali, dan penghuninya tidak boleh keluar kota, apabila salah satu penduduknya keluar, maka kota itu akan hilang selamanya. Ini adalah cerita yang cukup melegenda di Skotlandia, tetapi Grannia ,nenek Katrina membuktikan bahwa kota itu ada, bukan dongeng dan dia mengalami langsung dengan salah satu penduduk Brigadoon. Cerita sehari tetapi mampu mengubah seluruh hidupnya,ketika Grannia jatuh cinta dengan Kyle, pemuda kota tersebut tetapi harus berpisah, karena memang mereka tidak dapat bersama. Meskipun Grannia mencintai Kyle tetapi ia tetap menikah dengan laki-laki pilihan orangtuanya yang juga mencintai Grannia, yaitu Cayden. Bahkan Cayden tetap mencintai Grannia,meskipun sudah mengetahui pengkhianatan yang dilakukan Grannia beberapa hari menjelang pernikahan. Dan Cayden tetap mengasuh anak yang bukan dari keturunannya.  Perhatian dan ketulusan dari suaminya akhirnya meluluhkan hatinya dan tidak menyesal segala peristiwa yang telah terjadi, dan Grannia tetap bahagia bersama Cayden, hingga maut memisahkan mereka.  Rahasia yang dijaga seumur hidup nenek Katrina, akhirnya diceritakan semuanya saat menjelang kematiannya. Kini Katrina dan mamanya tahu siapa sebenarnya kakek Katrina. Sungguh kisah cinta yang unik dan menguras air mata.

“Ada banyak cinta yang harus musnah, bukan karena ngga diperjuangkan, tapi memang karena ngga ada lagi yang bisa di lakukan. Selagi bisa, selagi cinta itu masih ada berusahalah (pg:172)

Dan secara mengejutkan di tengah-tengah kesedihan keluarga tersebut, Aiden datang ke Skotlandia dan berniat bicara dengan Katrina. Lalu bagaimana reaksi Katrina ? apakah mereka akan kembali bersama, ataukah Katrina telah menemukan tambatan hati yang baru dengan Mac, sepupu yang se tampan Tom Cruise yang diam-diam juga jatuh cinta kepada Katrina?? Cerita ini dibagi dalam 2 bagian yaitu cerita Grannia saat masih muda dan cerita Katrina sekarang.

Saya rekomendasikan untuk membacanya sendiri. Percaya deh, tidak akan menyesal membacanya sampai akhir

Meskipun Jujur saja, awalnya saya sudah mulai agak bosan ketika membaca di awal-awal, karena ceritanya bergulir tentang perkenalan Katrina-Aiden, kemudian dilanjutkan ke hubungan dan akhirnya putus. Ini cerita klise yang biasa kubaca, tetapi ketika sudah muncul konflik-konflik selama di Skotlandia, ini makin membuatku tertarik dan penasaran dan langsung membacanya sampai habis. Apalagi kisah cinta yang berkaitan dengan legenda seperti ini jarang sekali kubaca, banyak yang dapat kita petik pelajaranya dari kisah ini. Bahwa cinta tidak selalu harus memiliki, kadang dengan membiarkan bersama orang lain dan bahagia bersamanya,itulah arti cinta yang sesungguhnya. Cinta juga harus diperjuangkan, karena banyak cinta yang harus musnah tanpa kita bisa mencegah, jadi selagi bisa diperjuangkan maka lakukanlah.

Saya suka sekali dengan tokoh Aiden, tipe cowok yang gentle, romantis dan bertanggungjawab. Suka saat moment perkenalanya, so sweet…selain itu Aiden mudah mengambil hati orangtua, tidak heran jika mamanya Katrina langsung  jatuh hati untuk dijadikan menantunya. Idaman ibu-ibu deh…:)

Iklan

4 Komentar

Filed under Buntelan BBI, Novel Teenlit, Penerbit Gramedia, Review Buku

4 responses to “ALL YOU NEED IS LOVE

  1. Setting lokasinya terlihat menarik, jadi penasaran mau baca ^^

    salam kenal ya, mbak 🙂

    Suka

  2. Fakhrisina Amalia

    Makasih Mbak sudah review ^^

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s