Event BBI : Opini Bareng Juni 2015

Banner_OpiniBareng2015-300x187

Ini adalah event pertama saya sebagai member BBI, …saya baru sebulan ini terdaftar sebagai member BBI. Awalnya saya tidak percaya diri untuk join dengan blogbukuindonesia mengingat saya masih sangat baru dalam membaca buku dan membuat riviewnya. saya sempat BW ke beberapa member BBI dan…itu kerren-kerren banget, makin minder saja saya… Tetapi akhirnya setelah saya baca persyaratanya, dan dirasa memenuhi syarat, saya kirim aplikasinya. Dan setelah beberapa minggu saya mendapat respon, bahwa blog saya akan di pantau dari BBi, selama sebulan. Dengan deg-degan saya menunggu sembari mencoba meriview buku yang saya baca. Alhamdulillah balasan itu datang juga…akhirnya I’m member of BBI 1505308. Happiii banget…thanks admin Bbi. Wah ko saya jadi testimoni…boleh ya …pliisss:)

Dan ini adalah event pertama saya, Opini bareng Juni 2015 Opinibarengjuni2015
dengan tema :Setting dalam Buku
“Bagaimana penulis menuliskan latar buku yang kamu baca? Apakah membuatmu dapat membayangkan tempat itu pada waktu itu?” pas saya baca temanya, sebenarnya saya belum punya opini apa-apa alias blank…
Kalau ditanya seperti itu, “apakah penulis mampu membuatku dapat membayangkan tempat pada saat saya membacanya? jawaban saya, “tidak selalu begitu”.
Biasanya tergantung jenis cerita atau gaya penulisnya dalam menuliskan cerita. Ada beberapa penulis yang mendeskripsikan setting dan latar belakang dengan sangat jelas, sehingga pembaca dengan mudah terbawa dalam imajinasi penulis dan merasakan persis apa yang diceritakan penulis, merasakan ada di tempat yang penulis ceritakan. Buku seperti ini biasanya jenis buku history, travelling. Tetapi ada juga penulis yang mengedepankan isi cerita dan tidak terlalu mengeksplore setting tempat dan waktu, sehingga pembaca tidak terlalu berimajinasi tentang latar dari cerita tersebut. Meskipun demikian sedikit banyak tetap dapat menggiring imajinasi pembaca terhadap latar atau setting cerita tersebut, apalagi jika jenis pembacanya seperti saya, yang mudah sekali terbawa suasana. Jadi apakah penulis mampu membuat pembaca membayangkan tempat itu, tidak hanya tergantung dari si penulis tetapi pembacanya juga.
Btw menurut saya, setting dalam buku sangat berpengaruh juga terhadap minat pembacanya, selain juga pasti inti ceritanya tetapi itu akan jadi pelengkap terhadap keseluruhan buku tersebut. Ada beberapa buku yang kubaca, dan sangat pengin banget ke tempat-tempat yang diceritakan penulis itu antara lain buku 99 cahaya di langit eropa (ini belum sempat ku review) beberapa situs dan kota di viena,turki,istanbul, tentang peninggalan-peninggalan islam, sangat ingin ku kunjungi. Buku ini memang sudah di filmkan dan kayanya saya cukup terwakili dengan melihat film tersebut, cos…mana mungkin saya bisa keliling eropa (just its my dream..)
Itu sedikit opini saya yang sangat singkat…maaf saya masih harus banya belajar untuk ber opini maupun menulis, semoga challange selanjutnya saya bisa lebih baik 🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Event BBI

Tinggalkan Balasan

